Mohon tunggu...
Citra AprillillaPanjaitan
Citra AprillillaPanjaitan Mohon Tunggu... Ilmu Perpustakaan

Opini

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Manfaat Perpustakaan Digital di Masa Pandemi Covid-19

11 Agustus 2020   13:03 Diperbarui: 11 Agustus 2020   13:27 90 0 0 Mohon Tunggu...

Dimasa pandemi seperti sekarang ini banyak masyarakat yang mengurangi kegiatan di luar rumah. Seperti kebijakan pemerintah untuk belajar dan bekerja di dalam rumah, istilah yang sering di gunakan adalah WFH  (Work From Home).  Kebijakan ini berimbas kepada masyarakat, membentuk pola hidup baru yang harus di jalani, yaitu berkurangnya kegiatan bertatap muka. Seketika semuanya berubah, dan masyarakat harus cepat untuk beradaptasi dengan kedaan seperti sekarang ini.

Di karenakan terbatasnya kegiatan di luar ruangan di tengah pandemi, masyarakat harus pandai untuk memanfaatkan gadget dengan sebaik baiknya, dengan cara melakukan berbagai hal secara virtual, seperti memesan makanan, berbelanja, belajar dan  menggali informasi secara virtual.

Salah satu sumber informasi atau pengetahuan yang dapat di akses secara virtual adalah perpustakaan digital. Perpustakaan digital adalah perpustakaan yang berbentuk electronic library yang memiliki koleksi buku dalam bentuk elektronik atau biasa di sebut E-Book.

Bermula dari banyaknya kalangan masyarakat yang menggunakan layanan perpustakaan konfensional, mulai dari pelajar, mahasiswa ataupun orang umum  yang sering datang ke perpustakaan, baik untuk membaca, ataupun meminjam buku, jurnal dan lainnya. Seperti yang kita ketahui di zaman serba cepat seperti sekarang ini, orang orang mulai mencari cara agar segala sesuatu lebih mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu perpustakaan digital mulai di kembangkan.

Di tambah lagi dengan keadaan seperti sekarang ini, layanan perpustakaan juga terkena imbasnya. Mungkin saat ini hampir semua perpustakaan tidak lagi memberikan layanan khususnya peminjaman dan pengembalian koleksi. Meskipun demikian, ada informasi untuk masyarakat untuk tetap dapat mengakses koleksi digital yang di miliki oleh perpustakaan, bahkan beberapa perpustakaan yang menggratiskan sebagian ebook yang dimiliki yang sebelumnya tidak. Ini menunjukkan bahwa ada kepedulian perpustakaan terhadap situasi yang sedang di hadapi seperti sekarang ini.

Perpustakaan digital dapat di akses di computer ataupun gadget lainnya kapanpun dan dimanapun, sehingga masyarakat tidak perlu keluar rumah dan bisa mendapatkan informasi ataupun pengetahuan secara mudah. Perpustakaan digital sangat mendukung kegiatan Work From Home ataupun School From Home.

Aktifitas masyarakat dalam memanfaatkan layanan pepustakaan mulai beralih ke perpustakaan digital. Di masa pandemi seperti saat ini, perpustakaan digital mulai banyak diminati oleh masyarakat, terutama untuk orang orang yang sering menggunakan layanan perpustakaan konfensional.

 Perpustakaan digital memiliki lebih banyak manfaat di masa pandemic Covid-19 dibandingkan dengan perpustakaan konvensional, diantaranya :

1. Mudah di akses

2. Untuk mengakses perpustakaan digital hanya memerlukan perangkat perangkat pendukung seperti Smartphone, tablet, ataupun computer. Selain itu perpustakaan digital memerlukan koneksi internet untuk mengakses informasi multimedia. Kemudian perpustakaan digital memerlukan software ataupun aplikasi untuk mendukung layanan perpustakaan.

3. Perpustakaan digital tidak membatasi ruang dan waktu, yang artinya perpustakaan dapat di akses kapanpun dan dimanapun. Kita dapat mengecek ketersediaan buku, ataupun mencari buku dengan menggunakan gadget yang kita miliki.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN