Mohon tunggu...
Citra Hani Yulanda
Citra Hani Yulanda Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa upi 2018

KKN UPI 2021

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Aplikasi Google Drive sebagai Sarana Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh

28 Juli 2021   00:10 Diperbarui: 28 Juli 2021   00:15 75 1 0 Mohon Tunggu...

Pada masa pandemi covid-19 ini, seluruh aktifitas yang dilakukan masyarakat lebih banyak dilakukan dari rumah, termasuk kegiatan belajar mengajarpun diwajibkan dilakukan dirumah masing masing. 

Dengan perubahan tersebut, yang awal mula pembelajaran dilakukan secara tatap muka guru harus merubah strategi belajar dengan kegiatan daring. Tidak sedikit orang tua yang mengeluhkan akan hal ini, tetapi pihak sekolah pun tidak bisa memenuhi kebutuhan orang tua untuk melakukan kegiatan pembelajaran secara luring dikarenakan adanya peraturan dari pemerintah untuk melakukan daring.

Dengan berjalannya waktu setiap sekolah pun sudah terbiasa dengan pembelajaran luring, dan tidak sedikit yang hanya menggunakan media Whatsapp untung berkomunikasi, yang menjadikan pembelajaran terkesan kurang menarik karena guru hanya mengintruksikan kegiatan yang harus dilakukan anak tanpa adanya media yang bisa mendapatkan fokus anak. Maka dari itu seharusnya setiap sekolah menggunakan berbagai macam aplikasi yang bisa menunjang pembelajaran menjadi lebih menarik.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan yaitu Google Drive atau bisa disingkat menjadi Gdrive. Aplikasi ini cukup mudah digunakan oleh guru maupun orang tua yang mendampingi anak anaknya belajar dirumah. 

Ada beberapa fitur yang dapat digunakan yaitu seperti memuat video, file, gambar, ataupun lembar kerja siswa yang dapat dibuka dengan sangat mudah dengan cara membagikan link terkait. Tidak hanya memuat fitur tersebut, aplikasi tersebut dapat memudahkan guru dalam merekap hasil kerja siswa menjadi lebih tertata. Untuk murid sendiri akan lebih menyenangkan jika setiap pembelajaran guru memuat video pembelajaran yang menarik untuk dilihat.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN