Mohon tunggu...
Citra AyuShafinas
Citra AyuShafinas Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Institut Pertanian Bogor

Mahasiswi program studi Komunikasi Digital dan Media Institut Pertanian Bogor

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa SV IPB Melaksanakan Proyek Akhir di Kelurahan Pakuan

1 Desember 2022   06:23 Diperbarui: 1 Desember 2022   06:30 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bogor- Mahasiswa program studi Komunikasi Digital dan Media IPB University melaksanakan serangkaian kegitan di Kelurahan Pakuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Komunikasi Digital. Kami melaksanakan kegiatan ini mulai dari tanggal 21 Oktober -- 24 November. Kegiatan yang kami lakukan dimulai dari melakukan perizinan kepada pihak kelurahan, mewawancarai pihak kelurahan mengenai kondisi kelurahan, mempresentasikan hasil analisis kepada Asisten Dosen, mengambil video dan gambar untuk video profile, dan mempresentasikan hasil kerja kelompok kami kepada pihak Kelurahan Pakuan.

Sebelum meminta perizinan, terlebih dahulu kami mengunjungi kelurahan untuk melakukan survey. Kami mengutarakan kepada pihak kelurahan bahwa kami akan melakukan proyek akhir di kelurahan ini. Lalu, pihak kelurahan menyetujuinya dan kami dimintai surat perizinan untuk melaksanakan kegiatan ini. Seminggu kemudian, kami membawa surat perizinan yang diminta oleh kelurahan sekaligus melakukan analisis. Kami menganalisis dari segi komunikasi digital yang digunakan di kelurahan. Kelurahan Pakuan sering menggunakan media sosial, yaitu Whatsapp dan Instagram. Kedua aplikasi tersebut digunakan untuk menyampaikan info dinas kepada warga Kelurahan Pakuan.

Setelah melakukan analisis, kami mempresentasikan hasil analisis kami kepada Asisten Dosen, yaitu Kak Adib Aufa. Kami menyampaikan hasil analisis yang diperoleh dari pak lurah, sekretaris kelurahan, dan staff kelurahan. Hasil analisis kami menujukkan bahwa Kelurahan Pakuan sudah menggunakan media sosial bahkan saat ini perlahan sudah paperless. Dari hasil analisis yang dilakukan kami di Kelurahan Pakuan, keluran ini membutuhkan video profil, infografis kelurahan, dan merapikan feed Instagram. Kami akan melakukan tiga proyek tersebut sebagai output proyek akhir kami di Kelurahan Pakuan.

Kami melakukan pengambilan video dan gambar di minggu selanjutnya. Kami mengambil video seluruh potensi yang ada di Kelurahan Pakuan. Mulai dari pertanian, peternakan, fasilitas Kesehatan, fasilitas pendidikan, fasilitas keagamaan, dan lain-lain. Kami juga mengambil video sambutan dari pak lurah dan sekretaris kelurahan. Kondisi kelurahan pun tidak kami lewatkan, kami mengambil gambar di berbagai sisi kelurahan agar hasil video profilnya bagus dan layak.

Minggu berikutnya, kami melaporkan progress dari kelompok kami kepada Pak Abung Supama selaku Dosen Mata Kuliah Komunikasi Digital. Kami melaporkan hasil kerja kami selama kurang lebih dua minggu. Setelah itu, kami finalisasi hasil output kami untuk dipresentasikan kepada pihak kelurahan. Kami menyelesaikan dan merevisi yang dirasa masih kurang. Setelah merevisi, kami mempresentasikan hasil proyek kami dan pihak kelurahan memberikan penilaian. Penilaian yang diberikan kelurahan, nantinya akan diserahkan kepada Pak Abung Supama selaku dosen. Lalu, minggu ke-14 kami melakukan presentasi final dari hasil kerja kami yang telah kami lakukan kurang lebih selama sebulan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun