Mohon tunggu...
cipto lelono
cipto lelono Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menulis sebaiknya menjadi hobi

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

3 Mutiara Kegiatan Menulis yang Perlu Diketahui Pensiunan

3 September 2022   08:41 Diperbarui: 3 September 2022   08:47 197 54 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber:https://www.istockphoto.com

Menulis bagi pensiunan mempunyai nilai lebih. Dari kegiatan menulis para pensiunan akan memperoleh keuntungan ganda bagi pisik, pikiran dan hatinya. Maka pensiun tidak perlu ditakutkan. Sebab semua akan menjalaninya. Yang terpenting bukan berusaha menghindari pensiun, namun mempersiapkan upaya mengisi waktu yang produktif. Salah satu kegiatan yang bernilai produktif adalah menulis. Maka tidak ada salahnya, sebelum pensiun bisa kemas-kemas belajar menulis dan mencoba menulis. Sebab hakikinya menulis itu bukan bakat, namun keterampilan. Sehingga bisa dipelajari dan dipraktikkan.

3 Keuntungan Pensiun Mengembangkan hobi menulis

a) Mengasah daya ingat

Mengasah daya ingat bagi pensiunan adalah penting. Apabila tidak, potensi terjadi percepatan Alzaimer (pelupa/pikun) akan lebih cepat. Oleh sebab itu masa pensiun harus diisi dengan kegiatan yang dapat mengaktifkan syaraf otak. Salah satunya adalah menulis.

Kegiatan menulis tidak akan bisa dilepaskan dengan kegiatan membaca. Maka menulis juga membaca. Oleh sebab itu kegiatan menulis merupakan usaha mendapatkan pengetahuan sekaligus menyebarkan pengetahuan. Dampak kegiatan tersebut bisa mengasah daya ingat. Sebab dalam kegiatan menulis syaraf otak akan dipacu terus aktif. Sehingga menulis dapat mengasah daya ingat pelakunya. Dengan kata lain menulis bagi pensiunan dapat menunda masa alzaimer.

b) Mengasah pikiran positif

Bagi pensiunan mengasah pikiran positif itu penting. Sebab secara psikologis, pensiunan merasa sudah tidak berguna, terasingkan, dipandang sebelah mata oleh orang lain. Kesan psikologis tersebut berbahaya bagi pensiunan. Sebab bisa berdampak pada penyikapan diri yang salah kaprah. Sehingga tidak mau berbuat apa-apa. Ketika kondisi demikian menjadi kebiasaan, maka akan menimbulkan sikap jenuh dan bosan. Dampak lebih lanjutnya adalah cepat tua dan pandangannya cenderung kosong. Fenomena yang bisa diamati pada mereka yang berperilaku demikian adalah munculnya sikap sensitive (mudah tersinggung), serba salah, ingin diperhatikan secara lebih.

Menulis dapat mengalirkan energi pikiran positif. Sebab dengan menulis akan membuka wawasan dan pikiran yang terus terbuka (open mindsite). Sehingga bisa merespon dunia di luar dirinya secara arif. Hal ini disebabkan asupan membaca dan menulis aneka sumber. Dampaknya menyikapi persoalan tidak over emosional dan tidak picik. Maka menulis menulis dapat mengasah pikiran yang positif.

c) Mengasah ketajaman hati

Ketajaman hati bagi pensiunan sangat dibutuhkan. Sebab tajamnya hati bagi pensiunan menjadi sumber ketenangan dan kebahagiaan.  Dengan kata lain ketajaman hati dapat berfungsi sebagai upaya membangun suasana nyaman dan bahagia dalam mengisi masa tuanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan