Mohon tunggu...
cipto lelono
cipto lelono Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menulis sebaiknya menjadi hobi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

5 Hal Penting Melakukan Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Berdiferensiasi

29 Juli 2022   07:29 Diperbarui: 29 Juli 2022   10:20 1271 59 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Para calon siswa sekolah dasar mengikuti tes seleksi masuk di SD Negeri 03 Petukangan Selatan (KOMPAS/PRIYOMBODO)

Dalam menjalankan tugas profesinya, ada tuntutan ideal yang bisa menjadikan proses pembelajaran yang dilakukan bisa bermakna. 

Hal penting yang perlu dikuasai guru adalah kemampuan mengelola kelas. Maka salah satu ciri guru profesional ditunjukkan dengan kemampuan guru melakukan pengelolaan kelas. Dengan kata lain guru yang mampu melakukan pengelolaan kelas adalah guru yang hebat. Mengapa? 

Sebab guru tersebut dapat menjadikan kelasnya sebagai proses penanaman kemandirian, tanggung jawab, perkembangan intelektual, perkembangan emosional, dll. Pendek kata melalui kelasnya, guru menyuguhkan kondisi yang disebut meaningful process learning (pembelajaran yang penuh makna).

Dalam proses pembelajaran berdiferensiasi, kemampuan guru mengelola kelas tidak saja dijadikan sebagai langkah penting mencapai tujuan pembelajaran yang dirancang, namun juga sebagai langkah penting menciptakan kondisi pembelajaran yang efektif dan efisien. 

Pembelajaran yang efektif dan efisien merupakan testimoni tentang kepemimpinan guru dalam mengelola kelasnya.

5 Hal Penting Melakukan Pengelolaan Kelas

Dalam pembelajaran berdiferensiasi ada tujuh hal penting yang perlu dipahami guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. 

Ketujuh hal tersebut berkaitan erat dengan peran guru dalam memberikan layanan pembelajaran sesuai kebutuhan belajar peserta didik.

1. Menerapkan metode dan media yang bervariasi

Metode adalah cara yang digunakan untuk mencapai tujuan. Media adalah alat bantu yang dapat mempermudah untuk mencapai tujuan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan