Mohon tunggu...
Sekar Harum
Sekar Harum Mohon Tunggu... Lainnya - blogger

Info menarik tentang dunia wisata, entah itu rekomendasi, tips dan saran, maupun berita terbaru. Hanya ada di ineswisata.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kemalasan Ternyata Bisa Mendatangkan Sebuah Kesuksesan

18 Agustus 2022   23:13 Diperbarui: 18 Agustus 2022   23:17 198
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi rasa malas (sumber: shutterstock by kompas)

Banyak orang menganggap kemalasan adalah biang kegagalan, karena kemalasan merupakan sumber masalah. Bahkan kemalasan menjadi satu-satunya penyebab kenapa kamu tidak pernah bisa maju dan lebih baik. Apakah kemalasan seburuk itu? Apakah tidak ada sisi positif dari sebuah kemalasan? Kali ini kita akan membahas sebuah sisi  positif yang luar biasa dari sebuah kemalasan. 

Ketika menghadapi rasa malas, kamu akan dihadapkan dengan dua pilihan. Yang pertama yaitu kamu memanfaatkan rasa malas tersebut, dan yang kedua yaitu kamu justru terjebak dan menjadi korban dari kemalasan itu sendiri. Namun, banyak sekali orang yang terjebak pada kondisi  kedua, mereka tidak berdaya menghadapi rasa malas tersebut. Mereka terjebak dan justru menjadi sumber penghalang kesuksesan mereka. Bahkan, mereka terjerat dalam kemalasan yang sangat luar  biasa yang membuat mereka tidak melakukan apapun selain bermalas-malasan. 

Sementara pilihan pertama menghadirkan satu sisi yang sangat luar biasa. Yang mana terdapat suatu kondisi positif yang jarang dipahami banyak orang, bahwa ada kekuatan tersembunyi dari rasa malas ini. Tentu saja dengan catatan kamu mampu  memahaminya dan memanfaatkannya.

Karena segala sesuatu telah ditakdirkan tidak hanya mempunyai satu sisi saja, bahkan kemalasan pun ada sisi positif dan juga sisi negatifnya. Saya tidak akan membahas sisi negatifnya, karena saya yakin kamu telah memahaminya. 

Pada perspektif kali ini, kita akan membahas dimana ketika kamu mampu memanfaatkan kemalasan. Maka ada hal yang sangat powerful yang dapat kamu lakukan dengan kemalasan itu sendiri. 

1. Kemalasan adalah Sumber Ide Bisnis

Kemalasan adalah satu sumber ide bisnis yang sangat luar biasa. Bisnis besar dapat kita bangun dari rasa malas, yang mana mampu kita manfaatkan sebagai sebuah peluang bisnis. Coba kamu cek apa saja yang menjadi sumber kemalasanmu? Apa  saja yang menjadi rasa malas yang sering kamu alami? 

Misalnya kamu malas mencuci, maka lahirlah sebuah ide bisnis laundry. Kamu malas berkeliling untuk membeli nasi, maka lahir sebuah bisnis jasa antar makanan seperti grabfood dan gofood. 

Pahamilah kemalasanmu dan pahamilah kemalasan orang lain, lalu ciptakan satu ide bisnis apa yang bisa kita manfaatkan dari kemalasan orang-orang tersebut. Bahkan orang-orang yang tidak mampu memasang iklan di media sosial karena   malas belajar, maka lahirlah ide bisnis agensi periklanan. Ada juga orang-orang yang malas berpikir tentang liburan yang ribet menyusun rencana jadwal, maka melahirkan ide bisnis tour and travel. Ada lagi orang-orang yang malas memasak di rumah, maka menghasilkan bisnis catering. 

Sekarang nikmati kemalasanmu, kemudian tulislah apa saja sumber kemalasanmu itu dan apa saja aktivitas yang yang membuatmu malas. Selanjutnya cermati, barangkali dari   sekian banyak daftar kemalasan yang kamu miliki. Mungkin ada yang dapat kamu manfaatkan dan dapat kamu gunakan sebagai ide bisnis yang mampu untuk membangun diri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun