Mohon tunggu...
Cindy Gledisca
Cindy Gledisca Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

hobi saya menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mahasiswa KKN Tematik UPI Mengenalkan 3R (Reuse, Recycle and Reduce) di SDN Pamoyanan

11 Agustus 2022   09:48 Diperbarui: 11 Agustus 2022   09:56 65 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

KKN Tematik Universitas Pendidikan Indonesia yang mengusung tema "Menguatkan dan Meningkatkan Program SDG's Desa dan Rekognisi MBKM Puspresnas Kemendikbudristek". KKN ini berlangsung sejak 11 Juli 2022 sampai 10 Agustus 2022.

Kami Mahasiswa KKN Tematik Kelompok 98 dengan tema Produksi dan Konsumsi desa melakukan survey di Desa Penenjoan Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung, tepatnya di SDN pamoyanan.

Setelah melihat kondisi sekolah di sana, ternyata tidak ada tempat sampah yang cukup di sana, hanya ada 1 karung untuk membuang sampah. Tapi kami melihat ada tempat sampah di gudang yang tidak di gunakan.

Maka dari itu, kami melakukan Reuse yaitu menggunakan barang yang tidak digunakan untuk dapat di gunakan kembali . Kami me-Reuse tempat sampah tersebut. Dengan mencuci nya, kemudian mengecet kembali tempat sampah, agar terlihat rapih dan lebih menarik. Kemudian kami menyimpan tempat sampah di setiap kelasnya. Agar adik-adik terbiasa membuang sampah pada tempatnya .

Kami juga mengenalkan cara Recycle Sampah menjadi kerajinan yang bermanfaat di kelas. seperti membuat tempat penyimpanan spidol dan penghapus bor.

Tak lupa kami juga memberikan edukasi pengelolaan sampah kepada pedagang di sekitar lingkungan SDN pamoyanan dengan melakukan Reduce yaitu pengurangan sampah plastik yang sulit di daur ulang.

Harapan kami, khususnya adik-adik di SDN Pamoyanan dapat membiasakan diri untuk tidak membuang sampah sembarangan, untuk dapat memanfaatkan limbah sampah menjadi barang yang bermanfaat juga diharapakan pedagang di SDN pamoyanan dapat berkerja sama untuk mengurangi penggunaan bahan plastik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan