Mohon tunggu...
Cindy Fernanda
Cindy Fernanda Mohon Tunggu... Seniman - a psych student

lots in my head.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

101 Cara Membuat First Impression yang Baik di Mata Orang

8 September 2021   07:31 Diperbarui: 8 September 2021   07:40 135 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
101 Cara Membuat First Impression yang Baik di Mata Orang
Martin, M. (2020, July 7). Logo Design and First Impressions. Spade Design.

Pernahkah kamu penasaran bagaimana kesan pertama itu terbentuk? Apa yang membuat sesama manusia bisa memberikan kesan pertama? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membentuk first impression yang baik di mata orang?

Ada yang percaya bahwa seseorang hanya membutuhkan waktu 30 detik untuk membuat kesan pertama. Lainnya percaya hanya membutuhkan 2-3 detik. Namun, rata-rata mengatakan 7 detik pertama adalah waktu orang membuat kesan pertama. Di artikel ini, kamu akan belajar bagaimana cara membuat first impression yang baik di hadapan orang untuk pertama kalinya. 


You never get a second chance to make a good first impression. - Will Rogers

Dibawah ini adalah cara-cara agar kamu bisa membuat kesan pertama yang baik : 

  1. Menggunakan pakaian sesuai kesan yang kamu ingin sampaikan

Hal yang pertama kali dilihat orang adalah ekspresi dan bagaimana penampilan dirimu. Bayangkan saja ketika ada orang datang membuka pintu , pasti yang kamu pertama kali lihat adalah bagaimana ekspresi dan penampilan orang itu.

Untuk memberikan kesan yang baik, ekspresi wajah dan bagaimana caramu berpakaian akan meninggalkan kesan pertama terhadap lawan bicaramu. Jika kamu berpakaian rapi, akan ada nilai plus sebagai kesan pertamamu. Memang ada quote seperti “don’t judge the book by its cover” namun bagaimanapun orang-orang tetap akan langsung menilai bukan?

Bagaimanapun, kesan pertama hanyalah persepsi awal dan baik dirimu maupun orang lain butuh pengenalan lebih dalam untuk mengetahui sifat satu sama lain. 

  1. Bahasa tubuh adalah hal penting

Jika kamu ingin dilihat orang baru sebagai orang yang berani dan percaya diri, kamu juga harus memperlihatkan badan yang tegap namun tidak lupa juga ekspresi yang ramah agar kesan pertamamu dinilai baik.

Hindari perilaku seperti senyum terpaksa, memainkan jari, menghentakkan kaki berkali-kali karena orang lain bisa saja salah sangka terhadap dirimu. Orang itu bisa berpikir bahwa kamu tidak nyaman dengan dirinya dan bisa menimbulkan kesan yang tidak enak diantara dirimu dan dirinya. 

  1. Bicaralah sesuai dengan minat orang lain

Saat awal-awal mengenal orang, bicaralah namanya lebih banyak karena itu akan membuat dirinya merasa akrab dan diterima olehmu. Untuk menarik perhatian seseorang, bicaralah sesuai dengan minat orang itu. Bertindaklah seakan kamu tertarik dengan konteks kesukaannya sehingga dirinya akan merasa kamu adalah seorang pendengar yang baik dan dirinya senang berteman denganmu. 

Di buku How to Win Friends & Influence People ditulis oleh Dale Carnegie menyatakan bahwa salah satu cara untuk membuat hubungan jangka panjang adalah belajar untuk tertarik secara tulus pada mereka dan bukan dirimu. 

  1. Paling penting : tetap menjadi dirimu

Mungkin kamu akan berusaha untuk membuat kesan pertama yang baik tetapi jangan sampai itu menutupi identitasmu. Kamu adalah dirimu dan jangan mengganti kepribadianmu hanya untuk menyenangkan orang (people pleaser). 

Ketika kamu menunjukkan siapa dirimu sebenarnya, kamu juga akan tahu mana teman yang tulus berteman denganmu dan yang mana yang tidak.

Segitu dulu pesanku.

Mohon tunggu...
Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan