Mohon tunggu...
Cindy Farida S
Cindy Farida S Mohon Tunggu... Mahasiswa

Express Myself Through Writing

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

5 Cara Mengurangi Food Waste di Indonesia

3 Maret 2021   13:35 Diperbarui: 3 Maret 2021   13:39 122 12 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Cara Mengurangi Food Waste di Indonesia
https://unsplash.com/photos/XTCCTqKM_RU

Seringkali ketika kamu memesan makan di tempat makan terlalu banyak hingga akhirnya tersisa dan terbuang begitu saja. Mungkin pula kamu membeli makanan namun lupa untuk mengonsumsi nya. Kamu tahu enggak sampah makanan sisa tersebut berdampak bagi lingkungan, salah satunya pemanasan global!

Jangan buang makanan mu yang masih layak dikonsumsi tapi lakukan lima cara sederhana ini untuk mengurangi food waste di Indonesia. Mulai dari hal kecil, yuk! #Foodwaste

1.   Pesan sesuai kebutuhan

https://www.pexels.com/photo/group-of-people-making-toast-3184183/
https://www.pexels.com/photo/group-of-people-making-toast-3184183/

Membiasakan diri untuk membeli tidak berlebih dan habiskan makanan sesuai dengan porsimu. Ketika hendak membeli makanan, mulailah untuk membeli secukupnya sehingga tidak ada yang terbuang karena terlalu banyak atau masa kedaluwarsa (expired) tiba namun belum sempat terpakai.

2.  Membawa tempat makan

https://unsplash.com/photos/aDFj86NuvD8
https://unsplash.com/photos/aDFj86NuvD8

Ketika sedang makan di luar rumah dan ternyata ada sisa makanan yang masih layak untuk dikonsumsi, bawalah makanan tersebut dan simpan ke dalam tempat makan. Kamu juga bisa meminta tolong pelayan tempat makan tersebut untuk membungkusnya. Pastikan makanan yang kamu bawa tetap akan kamu makan nantinya.

3.  Berbagi kepada sesama

https://unsplash.com/photos/Q0g04jnTZuE
https://unsplash.com/photos/Q0g04jnTZuE

Tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama seperti kamu, jika ada sisa makanan yang masih layak dan aman untuk dikonsumsi jangan sungkan untuk memberi kepada mereka yang membutuhkan. Kamu juga bisa membeli makanan tambahan lain untuk mereka, loh!

4.  Membuat campaign di media sosial

https://unsplash.com/photos/EQSPI11rf68
https://unsplash.com/photos/EQSPI11rf68

Kalau kamu merasa sudah melakukan ketiga hal diatas, kamu bisa loh mengkampanyekan Food Waste di media sosial. Tindakan ini adalah aksi sederhana yang dapat kamu terapkan sehingga masyarakat Indonesia khususnya pengguna media sosial akan semakin aware terhadap food waste. Agar pesan dan manfaat dari pengurangan food waste dapat diterapkan secara merata sehingga tidak hanya berhenti di kamu tetapi ke masyarakat luas.

5.  Menyalurkan melalui organisasi

https://www.pexels.com/photo/man-in-white-dress-shirt-holding-ipad-6969847/
https://www.pexels.com/photo/man-in-white-dress-shirt-holding-ipad-6969847/

Sudah banyak platform ataupun organisasi yang memberikan wadah untuk menyalurkan sisa makanan dari rumah tangga dan/atau usaha makanan yang masih layak untuk dikonsumsi kepada orang lain. Kamu bisa menggunakan layanan tersebut sebagai penjual ataupun pembeli, loh!

Jadi diantara kelima cara diatas yang mana nih yang sudah kamu lakukan? Mari kita kurangi pembuangan makanan layak di konsumsi dan lestarikan lingkungan di Indonesia!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x