Mohon tunggu...
Cindy Farida S
Cindy Farida S Mohon Tunggu... Mahasiswa

Express Myself Through Writing

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Nilai Inspiratif di Balik Kesuksesan BTS

2 Januari 2021   02:35 Diperbarui: 12 Januari 2021   14:04 594 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nilai Inspiratif di Balik Kesuksesan BTS
Sumber : https://www.facebook.com/bangtan.official

"If you don't love yourself, I don't think you can do anything else. If you start getting negative thoughts, you should look back at yourself and think about what you can do to become happy" - Kim Seokjin

Sorotan lampu, terpaan kamera, berita di media dan tak lupa jutaan penggemar dihadapi oleh para idol Korea. Aktivitas dan tiap langkah mereka yang menjadi konsumsi publik telah menjadi makanan sehari-hari. Siapa yang menyangka hidup didalam popularitas tidak seindah yang dibayangkan bagi kebanyakan orang. Menjadi sosok yang terkenal dituntut untuk melakukan sesuatu harus sesuai dengan permintaan orang-orang yang melihatnya, yaitu "sempurna".

Melalui film dokumenter yang berjudul Break The Silence:The Movie-Persona, Grup Idol asal Korea, BTS, menceritakan bagaimana sisi kehidupan nyata nya disamping saat mereka di atas panggung. Ada dua persona BTS yang ditunjukkan dalam film ini, yaitu bagaimana mereka menunjukkan batin dalam diri mereka VS bagaimana dunia melihat mereka.

Hidup bersama lebih dari tujuh tahun tentunya melewati ups and downs, berjuang bersama, bergandengan tangan untuk mencapai satu tujuan dengan tujuh perspektif yang berbeda-beda. Siapa sangka, selain penonton mengetahui bagaimana sisi kehidupan dibalik panggung setiap member, ada hal yang dapat kita di pelajari dari film Break The Silence : The Movie - Persona :

  • Mengurangi dan Mengatasi Rasa Depresi Tanpa dengan Hal Negatif        

Sering kali kita kecewa terhadap keadaan, orang lain bahkan diri sendiri. Seperti, dituntut oleh banyak hal dan tidak mampu menjadi "seseorang" yang diharapkan orang lain. Kim Namjoon, atau bisa dipanggil RM, mengekspresikan nya melalui kecintaannya terhadap alam. Leader Group BTS ini membuktikan bahwa dengan menanam tanaman, bersepeda, dan pergi ke museum mampu mengurangi rasa depresi pada dirinya.

  • Never Stop Learning

Mau terus belajar, tidak terbatas oleh waktu, usia, bahasa dan alasan lainnya. Seperti salah satu member BTS, Kim Taehyung. Pria kelahiran 1995 ini bertekad untuk menciptakan lagu dengan bahasa internasional, bahasa Inggris, agar penggemarnya diluar Korea juga merasakan kecintaannya tanpa batasan bahasa. Ia mengakui bahwa dirinya tidak fasih berbahasa Inggris namun dengan bantuan alat penerjemah ia mampu merilis lagu yang berjudul Winter Bear.

  • Do What You Love

Member BTS mengatakan bahwa apa yang dilakukan di depan panggung, apa yang dilihat oleh penggemarnya benar-benar sesuatu yang mereka cintai. They love their works. Mereka menulis lagu dan melodi sendiri, mereka bernyanyi dan menari secara totalitas, dan mengikuti setiap kegiatan yang sudah terjadwal dengan sepenuh hati. Apapun yang dilakukan dengan perasaan senang hasilnya akan jauh lebih bernilai dibanding dengan melakukan setengah hati, tidak akan mengecewakan.

  • Bring Positive Energy to Others

Banyak orang yang bahagia setelah mendengar lagu yang dinyanyikan BTS, alunan, melodi bahkan makna lagu itu menjadi penenang bagi pendengarnya terutama penggemarnya. Tidak hanya lagu tetapi juga kepribadian tiap member membuat perasaan penggemarnya jauh lebih baik. 

Hal itu lah yang menjadi pegangan pada Kim Seokjin, atau biasa dipanggil Jin, untuk hanya menunjukkan sisi positif dalam dirinya kepada penggemarnya, ia (dan tentunya 6 member lainnya) berusaha keras untuk tidak menunjukkan sisi gelap (negatif) kepada penggemarnya. Mereka tidak ingin penggemarnya akan kecewa atau bahkan ikut sedih. Jadikan dirimu sebagai sumber kebahagiaan orang hari ini.

  • Love Yourself

Kalimat ini menjadi poin paling kontras bagi BTS. Campaign ini tidak hanya ditujukan kepada penggemarnya bahkan seluruh dunia, namun untuk diri member BTS. Konser Love Yourself telah usai namun cinta terhadap diri sendiri tidak pernah usai. Mencintai diri sendiri menjadi pemicu bagaimana mereka tetap bisa menjalani hari-hari tanpa menyakiti diri nya seperti memforsir, memandang rendah diri, dan bentuk lainnya.

Seberapa hebat prestasi BTS, tidak pernah sekalipun Army, nama penggemar BTS, terlupakan. Untuk sampai kepada titik puncak kesuksesan pasti ada orang hebat dibalik itu semua yang mendukung, ya salah satunya, Army. Selain menceritakan perjuangan sebagai seorang "BTS", bagaimana mereka memisahkan kehidupan personal dengan kehidupan sebagai seorang idol, film ini mengajarkan banyak hal positif loh, menurutmu sisi menarik apa lagi yang bisa dijadikan pelajaran dari film Break The Silence : The Movie -- Persona ini?

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x