Mohon tunggu...
Cindy Clarissa
Cindy Clarissa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Surabaya

Saya adalah seorang mahasiswa yang memiliki hobi menonton drama, menggambar, membaca komik online, dan lainnya

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Penyebab Tingginya Peminat Jurusan Bisnis Digital

31 Oktober 2022   22:51 Diperbarui: 31 Oktober 2022   23:05 823
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Kalian tentunya masih jarang sekali bukan, yang mengetahui ataupun mendengar kalau ada jurusan Bisnis Digital? Sebenarnya apa sih, jurusan Bisnis Digital? Di jurusan ini belajar apa saja? 

Jurusan Bisnis Digital sendiri merupakan percampuran dari jurusan Manajemen, Sistem Informasi, dan Teknik Informatika. Jurusan ini tergolong masih sangat baru karena jurusan ini baru pertama kali ada di Indonesia pada tahun 2018 di Universitas Padjajaran. Dan sampai saat ini hanya sedikit universitas di Indonesia yang memiliki jurusan ini.

Meskipun tergolong baru, tetapi antusias para calon mahasiswa yang ingin masuk ke prodi ini sangatlah tinggi. Dilansir dari sidata-ptn.ac.id, jumlah peminat Bisnis Digital pada saat tahun pertama jurusan ini diresmikan pada 2018 di Universitas Padjajaran saja mencapai 2534 orang, dengan daya tamping yang hanya 44 orang pada jalur SBMPTN. 

Lalu, pada 2021 pada saat pertama kalinya ada di Universitas Negeri Jakarta sudah memiliki 2265 peminat dengan daya tamping 41 pada jalur SBMPTN, dan 902 peminat dengan 23 peminat pada jalur SNMPTN. 

Lalu ada Universitas Negeri Surabaya yang menjadi universitas pertama di Jawa Timur yang membuka prodi Bisnis Digital pada tahun 2021 melalui jalur mandiri SPMB, dan pada tahun 2022 mulai membuka penerimaan mahasiswa baru Bisnis Digital melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Memiliki 781 peminat dengan daya tampung 49 pada jalur SNMPTN, dan 1746 peminat dengan daya tampung 91 pada jalur SBMPTN. 

Dan tidak hanya 3 universitas tersebut, tetapi masih banyak lagi universitas-universitas di Indonesia yang baru saja membuka jurusan Bisnis Digital seperti Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Universitas Jambi, dan lain-lain untuk Perguruan Tinggi Negeri. Lalu, untuk Perguruan Tinggi Swasta yang sudah ada jurusan Bisnis Digital ada Binus University, Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Katolik Parahyangan, dan lain-lain.

Dari data peminat di atas tentunya kita bisa tahu kalau jurusan rumpun soshum yang tergolong baru ini sudah menggaet banyak peminat para calon mahasiswa. Lalu apa saja yang menjadi penyebab dan daya pikat jurusan Bisnis Digital sehingga banyak sekali yang mengincar? Tentu saja kita semua tau bahwa di era globalisasi ini, hampir semuanya sudah serba digital. 

Mulai dari pembelajaran di sekolah dan kuliah yang menggunakan sistem daring atau online yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 yang mengguncang dunia, hingga berbisnis pun sekarang sudah banyak sekali yang mengembangkan bisnisnya dengan digital melalui e-commerce, atau sosial media. Dengan perkembangan dunia digital yang sangat pesat ini, dan di era revolusi industri 4.0 ini tentunya kita semua mau tidak mau harus bisa beradaptasi dengan itu semua agar tidak tertinggal. 

Dan di jurusan Bisnis Digital ini, mahasiswa akan dilatih agar dapat beradaptasi dengan baik seiring berkembangnya teknologi yang sangat pesat. Dengan banyaknya peminat jurusan Bisnis Digital, menunjukkan bahwa para generasi muda penerus bangsa, atau generasi Z sudah dikatakan sudah sadar akan tantangan-tantangan yang akan didapat kelak akibat perkembangan dunia yang sangat cepat. Maka dari itu peminat jurusan yang satu ini sangatlah banyak. Bahkan sudah mencapai top 10 jurusan dengan peminat terbanyak di kebanyakan Perguruan Tinggi Negeri.

Selain itu, daya tarik lain dari jurusan ini adalah karena jurusan ini merupakan gabungan dari jurusan Manajemen, Sistem Informasi, dan Teknik Informatika, maka mata kuliah yang akan didapat pun juga bervariasi sehingga tidak membosankan karena akan diajarkan berbagai macam mata kuliah dari jurusan yang sangat berbeda. Seperti contohnya jika masuk jurusan Bisnis Digital, umumnya kita akan belajar tentang teori ekonomi, manajemen, teknologi informasi, sampai artificial intelligence. 

Dapat disimpulkan bahwa penyebab banyaknya peminat jurusan Bisnis Digital ini walaupun jurusan ini tergolong jurusan baru adalah karena para generasi muda yang sudah paham dan sadar akan pentingnya teknologi bagi kehidupan di masa mendatang dan sebagaimana pentingnya manusia untuk bisa beradaptasi dengan itu di era digital ini dalam menjalankan suatu bisnis atau pekerjaan lainnya. Jurusan Bisnis Digital diharapkan bisa menjadi sebuah jalan untuk para calon penerus bangsa untuk bisa beradaptasi dengan baik pada saat setelah lulus dari jurusan ini. Bagaimana, tertarik untuk masuk jurusan Bisnis Digital?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun