Mohon tunggu...
CINDY ANDRIANA
CINDY ANDRIANA Mohon Tunggu... Editor - Universitas Ahmad Dahlan

have a great day guys!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Memperbaiki Struktur Tubuh saat Pandemi dengan Olahraga Pilates

24 Juli 2021   23:36 Diperbarui: 25 Juli 2021   00:10 91 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memperbaiki Struktur Tubuh saat Pandemi dengan Olahraga Pilates
sumber : Pinterest.com/softparisian

Untuk mengisi waktu luang di masa pandemi ini daripada hanya berdiam dirumah saja, lebih baik meluangkan waktu untuk memperbaiki struktur tubuh kita dengan cara rutin olahraga pilates. Metode olahraga pilates difokuskan untuk fleksibelitas seluruh bagian tubuh, selain itu pilates juga dapat menguatkan punggung, tulang belakang, pinggul, paha dalam, dan perut melawan inti tubuh Anda.

Biasanya Pilates bermanfaat untuk para atlet karena membuat struktur tubuh menjadi lebih seimbang dan pergerakan tubuhnya terlatih lebih efesien, sehingga sangat mengurangi resiko cedera pada mereka.

Menurut penelitian yang berjudul Pilates Exercise lebih efektif dibandingkan senam Yoga dalam meningkatkan Fleksibilitas lumbal pada wanita dewasa "Kesehatan wanita di usia produktif merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Pertambahan umur dan perubahan postur akibat posisi bekerja seperti duduk dan berdiri dalam waktu lama akan mengakibatkan adanya kekakuan otot punggung. Kekakuan otot punggung tersebut akan mempengaruhi kemampuan fleksibilitas  yang cenderung akan menurun."

Nah kan banyak wanita-wanita yang bekerja seperti itu duduk terlalu lama hingga menjadi bungkuk dan sangat merubah bentuk tubuh sehingga fleksibilitas punggung jadi menurun, jadi solusinya adalah untuk memperbaiki bentuk tubuh dengan cara olahraga pilates. Karena di masa pandemi ini dan diberlakukannya PPKM pasti akan lebih banyak waktu di rumah karena sistem bekerja WFH (Work From Home).

Setiap gerakkan pilates terfokuskan pada kegunaan otot yang baik agar memastikan tubuh bergerak meningkatkan usaha gerakan, dan dibutuhkan pola pernapasan untuk menarik dan menghembuskan napas  dalam -- dalam agar mendetoks tubuh. Untuk mlakukan olahraga ini dapat menggunakan alat atau tanpa alat. Karena gerakannya yang lambat dan juga mengontrol pernapasan dengan tepat.

Olahraga pilates ini sangat dibutuhkan konsentrasi yang tinggi karena gerakan sekecil apapun akan melatih otot -- otot secara maksimal. Selain itu olahraga ini juga dapat mengatasi nyeri otot berlebihan pada tubuh setelah berolahraga.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN