Christanty Putri Arty
Christanty Putri Arty blogger

Happy Lady | Blogger|buzzer|http://www.omahantik.com | @cputriarty

Selanjutnya

Tutup

Wanita

Persiapan Awal Ramadan dalam Keluarga Kecil Saya

15 Mei 2018   23:24 Diperbarui: 18 Mei 2018   13:57 243 1 1

Tidak ada hal khusus atau perayaan spesial jelang menyambut awal pekan puasa Ramadhan tahun ini. Yang diperkirakan jatuh pada hari Kamis, 17 Mei 2018.

Namun secara sederhana dan simpel saja saya beserta suami dan anak-anak sudah mencicil rutinitas agar lingkungan ataupun perabot rumah terlihat bersih.

Semisal memangkas tanaman yang tumbuh lebat. Membuang benda-benda usang atau rongsokan, menyapu bersih kotoran langit-langit kamar, mengganti alas tempat tidur, membersihkan kamar mandi, mencuci sajadah dsb.

Sebenarnya tidak hanya terpaku hal-hal yang bersifat fisik saja, sih masih ada beherapa hal lainnya yang harus ditanamkan sehingga menjadi pembiasaan yang baik.

Persiapan Awal Ramadhan 

Mau tahu apa saja sih yang menjadi rencana persiapan awal ramadhan di keluarga kecil saya ini?

1. Mengajak Shalat Berjamaah

Betapa indahnya yang namanya kebersamaan. Apalagi dilakukan saat sembahyang atau shalat bersama-sama di mesjid.

2. Mengaji bersama

Meskipun terdengar agak repot dan susah namun saya harus bisa mendorong semangat sekaligus membiasakan anak-anak untuk membaca surat pendek sehabis shalat wajib.

3. Kirim doa 

Kebiasaan dalam keluarga saya sejak kecil jelang puasa ramadan adalah mengunjungi makam.Istilahnta " tilik kubur" saudara atau leluhur yang sudah tiada. Sebenarnya tidak wajib sih namun tradisi turun temurun ini masih sebagian dilestarikan. Kalau saya  sih selalu mengubah doa Allah Fatihah untuk saudara/ kerabat yang sudah mendahului pergi ke surga dalam tiap sujud doa wajib saya.

4. Membuat Charger Board

Seperti halnya note kecil saya berusaha mengenalkan kebiasaan sederhana menuliskan sejumlah hal-hal pentingbyang mungkin saja bisa terlewat apalagi jika kondisi sedang serba sibuk. Salah satunya membuat catatan kecil untuk kultum terawih dsb.

Nah mungkin itu sedikit uraian sederhana tentang Persiapan Awal Ramadhan ala keluarga kecil saya yang terus mengharap ridhoi sebagai keluarga sakinah, mawaddah serta warromah.