Mohon tunggu...
Cici hutahaean
Cici hutahaean Mohon Tunggu... Suka membaca apa saja

Suka menulis hal hal absurd

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Keutamaan Pentingnya Pendaftaran Merek Dagang

2 Desember 2020   13:42 Diperbarui: 3 Desember 2020   09:39 50 1 0 Mohon Tunggu...

Banyak orang bertanya pentingkah pendaftaran merek itu ? Jawabnya, pendaftaran merek benar-benar sangat penting untuk dikerjakan, sebab dengan demikian Merek yang akan kita pakai dalam aktivitas perdagangan serta layanan akan memperoleh pelindungan Hukum. Seperti diterangkan dalam UU Merek, UU No 15 tahun 2001 pada pasal 3 yang dipastikan berikut ini :

"Hak atas Merek ialah hak terbatas yang diberi oleh Negara ke pemilik Merek yang tercatat dalam Daftar Umum Merek untuk periode waktu spesifik dengan memakai sendiri Merek itu atau memberi izin pada pihak lain untuk memakainya".

Adanya hak exclusive (hak spesial) ini, karena itu seseorang tidak boleh memakai merek tercatat untuk barang atau layanan yang semacam, terkecuali bila awalnya memperoleh izin dari pemilik merek tercatat.[1]

Disamping itu, registrasi satu merek benar-benar perlu dikerjakan membuat perlindungan Merek kita dari pembajakan. Dengan mempunyai Sertifikat Merek kita dapat lakukan tuntutan baik secara perdata atau secara pidana pada beberapa pihak yang lain memakai merek kita yang tiada seijin kita.

Waktu Pelindungan Merek

Satu Merek Dagang serta Merek Layanan yang sudah tercatat akan memperoleh pelindungan hukum sepanjang 10 tahun terhitung semenjak tanggal akseptasi Merek, ini seperti diterangkan dalam UU Merek, UU No.15 Tahun 2001 pada Pasal 28 berikut ini :

"Merek tercatat mendapatkan pelindungan hukum untuk periode waktu 10 (sepuluh) tahun semenjak Tanggal Akseptasi serta periode waktu pelindungan itu bisa diperpanjang".

Untuk mempermudah pemohon / kuasanya dalam mendaftar brand-nya, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) mengeluarkan basis baru pada tanggal 17 Agustus 2019.

Dalam basis baru ini, pemohon dapat segera pilih macam barang serta layanan yang akan disodorkan hingga tidak berlangsung kekeliruan berkaitan dengan kelas serta/atau macam barang serta layanan yang disodorkan.

Ini bisa menghindari pemohon terima office action sebab ada kekeliruan kelas dalam mengajukan serta/atau macam barang serta layanan yang begitu luas sehingga proses kontrol normalitas atas permintaan registrasi merek tidak terhalang. Basis baru registrasi merek itu menolong pemohon dalam tentukan kelas mana saja yang perlu disodorkan sebab pemohon bisa mengecek penggolongan kelas barang serta layanan saat sebelum lakukan mengajukan.

Bagaimana penggolongan kelas barang serta layanan?

Macam barang serta layanan dikelompokkan dalam 45 kelas. Kelas 1 sampai 34 untuk macam barang sedang kelas 35 sampai 45 untuk macam layanan.

Ketentuan apa yang perlu disanggupi dalam ajukan registrasi merek?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x