Mohon tunggu...
Siti Aisyah Bafadal
Siti Aisyah Bafadal Mohon Tunggu... Mahasiswa UMM

Say 'Hi' and Let's be friends :)

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Meningkatkan Ekonomi Warga, Kelompok 45 PMM UMM Melakukan Edukasi Pemasaran Online Melalui Market Place dan Instagram

21 September 2020   18:05 Diperbarui: 21 September 2020   18:13 22 0 0 Mohon Tunggu...

PMM kelompok 45 yang beranggotakan Mahasiswa UMM menjalankan program kerja ke tiga yaitu melakukan Education Pemasaran Online melalui platform Shopee, Lazada dan Instagram. Kegiatan ini dilakukan di Jl. Laksda Adi Sucipto RT.04 RW.10 Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Sebelum menjalankan program kerja ke tiga, PMM kelompok 45 melakukan persapan dengan melakukan survey dan mendata warga yang memiliki usaha sendri. Selain itu PMM kelompok 45 juga menyiapkan materi berupa video tutorial yang akan disampaikan kepada warga setempat.

Pembuatan materi berupa video tutorial pemasaran online dilaksanakan secara 3 hari berturut -- turut. Pada hari ke-9 PMM (01/09/2020) kami menyiapkan materi berupa video tutorial pemasaran online melalui patform shopee. Lalu pada hari selanjutnya kami menyiapkan video tutorial pemasaran online melalui platform lazada dan disusul dengan Instagram. Ketiga platform tersebut dipilih karena platform tersebut saat ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sehingga dianggap dapat membantu memasarkan produk yang dijual oleh warga setempat dengan mudah.

Setelah persiapan telah dilakukan PMM kelompok 45 langsung melaksanakan program kerja tersebut kepada warga dengan cara door-to-door. Kebetulan warga yang memiliki usaha sendiri dan ingin memulai usaha cukup banyak mulai dari anak muda sampai ibu-ibu rumah tangga, sehingga kami membuka kuota dengan masing masing platform 4 orang. Dalam masa pandemi saat ini banyak warga yang memilih untuk berjualan online untuk meningkatkan ekonomi dan dengan melakukan jualan online melalui platform tersebut dianggap lebih aman karena bisa dilakukan dengan di rumah saja. PMM kelompok 45 mengajari mulai dari pendaftaran pada ketiga platform, penguploadan produk, sampai dengan mengenalkan fitur yang ada dalam platform tersebut. Program kerja ke tiga ini dilakukan dengan cara menunjukkan video tutorial yang telah dibuat sebelumnya, setelah itu PMM kelompok 45 membimbing warga untuk mempraktekannya secara langsung. Pelaksanaannya sendiri dimulai pada (08/09/2020) dengan mengajari warga pemasaran online melalui platform Shopee selma 4 hari. Hal yang sama juga dilakukan pada edukasi pemasaran online melalui lazada (12/09/2020) dan instagram (16/09/2020) secara berturut-turut.

Tujuan dari program kerja ini adalah membantu masyarakat untuk mengatasi masalah ekonomi akibat adanya masa pandemi saat ini. Dengan semangat New Normal diharapkan penjualan online dapat menjadi solusi atas masalah perekonomian dan dapat membantu masyaraat untuk tetap produktif meskipun hanya di rumah saja.  Program kerja ini juga diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat atas efektifnya penjualan secara online dan mudahnya melakukan pemasaran secara online dengan memanfaatkan gadget yang mereka miliki.

VIDEO PILIHAN