Mohon tunggu...
Chaerul Sabara
Chaerul Sabara Mohon Tunggu... Insinyur - Pegawai Negeri Sipil

Suka nulis suka-suka____

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Patahkan Dominasi Bayern Munich, Leverkusen Juara Bundesliga

15 April 2024   07:53 Diperbarui: 15 April 2024   17:15 498
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi: Xabi Alonso dan para pemain Bayer Leverkusen menghancurkan FC Bayern Muenchen 3-0 pada Minggu (11/2/2024) dini hari WIB dalam sebuah laga krusial dalam perebutan gelar juara Liga Jerman atau Bundesliga 2023-2024.(AFP/SASCHA SCHUERMANN via kompas.com)

Bayer Leverkusen akhirnya menuntaskan perburuan gelar Bundesliga perdana mereka di pekan ke-29. Bermain di hadapan pendukung yang antusias di BayArena, pasukan Xabi Alonzo membekap tamunya Werder Bremen dengan skor telak, 5-0.

Hasil yang disambut dengan perayaan yang gempita oleh ribuan pendukung yang memenuhi BayArena, mereka mengakhiri musim dengan menakjubkan yang membuat mereka tetap mempertahankan rekor tak terkalahkan hingga saat ini.

Meski masih menyisakan lima pertandingan lagi, namun gelar sudah diamankan, dengan selisih 16 poin dari sang juara bertahan Bayern Munich yang menguasai liga dalam 11 tahun terakhir, Die Werkself layak berpesta dengan perayaan terbesar yang bisa mereka lakukan.

Die Werkself memulai pertandingan dengan semangat, butuh waktu 25 menit bagi mereka untuk membuka keran gol melalui gol penalti Victor Boniface. Keunggulan 1-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Pesta di BayArena akhirnya dipungkasi di babak kedua, mulai dari gol jarak jauh Granit Xhaka dan Florian Wirtz yang melengkapi penampilannya malam itu dengan hatrick, membawa tuan rumah menang 5-0. 

Publik BayArena pun merayakan momen bersejarah ini dengan selebrasi yang meledak, julukan Neverkusen yang disematkan kepada Die Werkself resmi terhapus.

Perjalanan Xabi Alonso menuju gelar juara pertamanya sebagai pelatih mungkin bagi banyak orang terlihat mudah. Namun, apa yang terjadi tidaklah semudah yang terlihat, ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh Xabi Alonso dan Lukas Hradecky dkk dalam perjalanannya menuju tangga juara.

Leverkusen yang menduduki peringkat ke-6 musim lalu juga bermain di kompetisi Liga Eropa, otomatis mereka memiliki jadwal yang cukup padat, mempertahankan konsistensi untuk tidak terkalahkan tentu bukanlah hal yang mudah, apalagi bagi tim yang belum memiliki pengalaman sebagai juara seperti Leverkusen yang sebelumnya berulangkali gagal.

Tantangan yang pertama tentu adalah menghadapi dominasi sang penguasa Bundesliga, Bayern Munich pemegang 33 kali trophy juara dan juara bertahan selama 11 tahun terakhir.

Foto: Reuters
Foto: Reuters

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun