Mohon tunggu...
Chaerul Sabara
Chaerul Sabara Mohon Tunggu... Insinyur - Pegawai Negeri Sipil

Suka nulis suka-suka____

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Anak-anak Muda Xavi Hernandez, Bawa Barca ke Perempatfinal

13 Maret 2024   07:26 Diperbarui: 13 Maret 2024   07:30 125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Xavi Hernandez akhirnya bisa membawa Barcelona lolos ke babak perempat final Liga Champions untuk pertama kalinya dalam empat tahun terakhir setelah mengalahkan Napoli 3-1 di Estadi Olimpic Lluis Companys. Barca unggul dengan agregat 4-2 setelah bermain imbang 1-1 di leg pertama di kandang Napoli tiga pekan lalu.

Kemenangan tim Catalan ini sudah mulai nampak sejak awal pertandingan, skuad muda Xavi Hernandez yang menjadi pusat perhatian dengan cepat mengejutkan tim tamu yang belum pernah menang atas Barcelona dalam empat pertemuan mereka (2 seri, 2 kalah). Adalah Lamine Yamal yang mendapat peluang matang dari sodoran Ilkay Gundogan, namun tembakannya masih melambung di atas mistar gawang.

Begitu juga dengan Fermin Lopez yang mendapatkan umpan panjang cantik dari sesama young star Barca, Pau Cubarsi, tapi sayang percobaannya masih belum tepat sasaran, melambung tinggi di atas mistar gawang Alex Meret.

Pasukan Xavi Hernandez tidak butuh waktu lama untuk membuka keunggulan mereka, permainan brilian yang ditunjukkan oleh skuad muda Barca memberikan hasil yang signifikan. 15 menit pertandingan berlangsung Fermin Lopez membuka skor dengan menyelesaikan umpan dari Rapinha.

Dan dua menit berselang Joao Cancelo yang mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari Lamine Yamal yang melakukan serangan balik dan memberikan umpan terobosan kepada Raphinha, yang tendangannya membentur tiang dan membuat bola memantul ke arah Joao Cancelo full-back Barca yang ikut membantu serangan dan mengkonversinya menjadi gol.


Tim tamu dengan cepat merespon, di menit ke-30 pasukan Francesco Calzona berhasil memperkecil ketertinggalan cepat mereka. Amir Rrahmani mencatatkan namanya fi papan skor setelah dengan manis menyelesaikan umpan Matteo Politano.

Tim tamu sedikit membaik setelah turun minum dan kedua tim memiliki peluang yang sama, dengan Napoli sedikit lebih unggul dalam penguasaan bola. Napoli membuat awal yang lebih baik dan percaya diri, Khvicha Kvaratskhelia sempat membuat publik tuan rumah menahan nafas melepaskan tembakan dari jarak 22 meter, yang sayangnya masih melebar tipis.

Kemudian Matteo Politano yang melewati Cancelo dengan mudah dan percobaannya yang masih bisa diblok oleh Pau Cubarsi yang layak jadi bintang dalam laga ini, yang merupakan tampilan debutnya di Liga Champions.

Setelah peluang demi peluang terlewatkan oleh kedua tim, Barca akhirnya sukses menambah keunggulan pada menit ke-83 menyusul permainan yang luar biasa, Ilkay Gundogan memberikan umpan kepada Roberto di dalam kotak penalti yang kemudian meneruskannya kepada Lewandowski untuk melakukan penyelesaian dengan mudah.

Sampai wasit Danny Makkelie dari Belanda meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir tak lagi gol yang tercipta. Secara statistik Barcelona mendominasi tembakan ke gawang dengan 24 percobaan yang 10 di antaranya tepat sasaran, sementara Napoli hanya memiliki 14 percobaan dengan hanya 4 yang on target, meski mereka sedikit menguasai ball possesion (52%).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun