Mohon tunggu...
Chaerul Sabara
Chaerul Sabara Mohon Tunggu... Insinyur - Pegawai Negeri Sipil

Suka nulis suka-suka____

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Menangi Derby London Utara, Arsenal Kokoh di Puncak Klasemen

2 Oktober 2022   01:53 Diperbarui: 2 Oktober 2022   06:09 644 20 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image: REUTERS/DAVID KLEIN

Duel Derby London Utara edisi ke-204 pada pekan kesembilan Liga Premier Inggris, Arsenal yang bertindak sebagai tuan rumah akhirnya sukses meraih kemenangan 3-1 atas Tottenham Hotspur di Stadion Emirates, Sabtu (1/10) malam WIB.

Hasil ini semakin mengokohkan Arsenal di puncak klasemen. Skuad asuhan Mikel Arteta kini mengoleksi 21 poin dari delapan pertandingan unggul empat poin dari Manchester City yang menguntit di posisi kedua, sementara itu Tottenham tetap di peringkat ketiga.

Gol-gol The Gunners dimulai dengan gol  pembuka Thomas Partey yang sempat direspons cepat oleh The Lilywhites lewat gol penalti Harry Kane. Namun, di babak kedua, Emirates Stadium berpesta dengan dua gol tambahan tuan rumah yang memastikan kemenangan mereka melalui aksi Gabriel Jesus dan Granit Xhaka.

Arsenal membuat 566 operan bola sepanjang 90 menit laga kontra Spurs dengan akurasi mencapai 90%, termasuk 21 perputaran operan yang berujung gol pertama Arsenal yang diceploskan Thomas Partey.

Statistik laga secara keseluruhan, didominasi oleh The Gunners Arsenal dengan 65% penguasaan bola, tim asuhan Mikel Arteta sukses melakukan 566 operan bola sepanjang 90 menit laga di Emirates Stadium, dibandingkan dengan The Lilywhites yang hanya melakukan 307 operan.

Sementara itu akurasi operan skuad Arteta  menyentuh 90%, jauh diatas catatan skuad Antonio Conte yang hanya menuai kesuksesan 77%. Catatan ini menggambarkan betapa mendominasinya pasukan Meriam London dengan permainan atraktif mereka.

Jalannya Pertandingan

Arsenal langsung tampil menekan sejak menit awal laga bertajuk Derby London Utara ini. Di menit ketiga, pasukan tuan rumah membuka peluang melalui percobaan Gabriel Magalhaes, yang masih bisa ditepis Hugo Lloris.

Di sepuluh menit awal Tottenham Hotspur cukup kesulitan, belum ada ancaman yang ditebar anak asuh Antonio Conte. Barulah di menit ke-13, mereka membuat peluang lewat aksi Richarlison. Namun, upaya pemain asal Brasil yang baru didatangkan dari Everton ini masih bisa diamankan kiper Arsenal Aaron Ramsdale.

Tuan rumah akhirnya memimpin di menit ke-20, lewat tendangan keras melengkung Thomas Partey dari luar kotak penalti. Menerima sodoran dari Ben White, gelandang asal Ghana itu langsung meneruskannya dengan sepakan keras kaki kanan, yang mengarahkan bola melesak deras ke pojok kanan atas gawang yang dikawal Hugo Lloris. Skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan