Mohon tunggu...
Chaerul Sabara
Chaerul Sabara Mohon Tunggu... Insinyur - Pegawai Negeri Sipil

Suka nulis suka-suka____

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

AFCON 2022: Elang Super Nigeria Digigit Elang Kartago Tunisia

24 Januari 2022   15:01 Diperbarui: 24 Januari 2022   15:05 411 26 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Selebrasi Gol, Youssef Msakni (Getty Images)

Africa Cup of Nations 2022 telah memasuki babak knock-out, sebuah kejutan langsung tersaji pada laga antara tim Elang Super Nigeria kontra tim berjuluk Elang Kartago Tunisia yang berlangsung di Roumd Adjia Stadium Garoua.

Menakjubkan, Nigeria yang memenangkan semua pertandingan grup mereka termasuk kemenangan atas tim favorit Mesir, tetapi mereka harus tersingkir di babak 16 besar kalah dari Tunisia yang melaju ke babak 16 besar hanya sebagai tim urutan ketiga terbaik dengan dua kekalahan dan satu kemenangan di grup mereka.

Ini adalah serangan menghancurkan yang benar-benar klasik oleh Tunisia. Mereka secara kolektif luar biasa dalam bertahan dengan semi parkir bus, lalu gol oportunis Msakni, di awal babak kedua, menyelesaikannya.

Timnas Tunisia yang dilanda Covid-19 menyingkirkan sepuluh pemain Nigeria dari Piala Afrika dengan kemenangan 1-0 dalam pertandingan babak 16 besar. Permainan yang mereka menangkan hanya 63 detik setelah memasuki babak kedua ketika Youssef Msakni mendapatkan waktu dan ruang yang dia maksimalkan dengan baik untuk membobol gawang Nigeria melalui sepakan kerasnya dari jarak sekitar 25 meter.

Tembakannya yang memantul membuat kiper muda Nigeria yang bermain untuk klub Sparta Rotterdam, Maduka Okoye terkecoh dan tidak mampu mencegah bola bersarang di sudut gawang.

Kesialan Nigeria dilengkapi saat pelatih Nigeria Augustine Eguavoen menggantikan bintang lini depan Kelechi Iheanacho dengan Alex Iwobi yang membuatnya menyesali keputusan itu, hanya tujuh menit di lapangan Iwobi harus keluar meninggalkan lapangan menyusul kartu merah yang dihadiahkan wasit kepadanya.

Gelandang Everton melakukan pelanggaran pada Msakni saat dia mengontrol bola yang awalnya mendapat kartu kuning karena membuat lawannya menggeliat di lapangan. Namun, tinjauan VAR yang dilakukan oleh wasit, justru memberikan kartu merah bagi Iwobi dan semakin memberatkan peluang Super Eagles.

Momentum Nigeria seperti hilang dalam laga babak 16 besar ini, beberapa kali mencoba peruntungan dari luar kotak namun selalu gagal mengenai sasaran di setiap kesempatan.Untuk tim yang memenangkan ketiga pertandingan grup mereka dan bahkan mengistirahatkan sebagian besar bintang mereka untuk pertandingan sebelumnya, favorit turnamen Nigeria tampak kehabisan ide dalam menghadapi kolektivitas pertahanan semi parkir bus The Carthage Eagle.

Babak pertama berjalan 1 menit,  Nigeria sudah melakukan tekanan, memenangkan tendangan sudut awal. Wilfred Ndidi mendapatkan bola dan mencoba tendangan overhead yang spektakuler. Tapi percobaan yang dilakukannya masih melebar.

Menit ke-9 Tunisia menebar ancaman, melalui serangan dari sayap kanan sebuah umpan silang digantungkan ke tiang jauh, Montassar Talbi menyambutnya dengan tembakan voli first time yang manis tetapi Maduka Okoye, di gawang Nigeria, dengan sigap menggagalkannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan