Mohon tunggu...
Chaerul Sabara
Chaerul Sabara Mohon Tunggu... Insinyur - Pegawai Negeri Sipil

Suka nulis suka-suka____

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Pertandingan Dihentikan, Sanksi Apa yang Menanti Brazil?

6 September 2021   07:12 Diperbarui: 6 September 2021   08:11 5053 36 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pertandingan Dihentikan, Sanksi Apa yang Menanti Brazil?
Foto: Ansa

Satu hal yang mengejutkan terjadi di San Paolo pada laga kualifikasi piala dunia 2022 yang mempertemukan Brasil vs Argentina, pertandingan big match yang dijadwalkan malam itu yang merupakan laga kedelapan babak kualifikasi Amerika Selatan, terpaksa ditangguhkan setelah hanya tujuh menit permainan.

Adegan yang disaksikan sangat nyata dan belum pernah terjadi sebelumnya, ketika beberapa agen pengawasan kesehatan lokal memasuki lapangan untuk menghentikan laga yang baru saja berjalan tujuh menitan.

Alasan penghentian laga oleh otoritas kesehatan Brazil itu dikarenakan di jajaran pemain Argentina, ada empat pemain dari Liga Inggris yang diturunkan oleh pelatih Lionel Scaloni. 

Para pemain yang dimaksud adalah kiper Emiliano Martínez, gelandang Lo Celso, bek Romero dan winger Buendía. Kecuali Buendia yang duduk sebagai pemain cadangan , tiga pemain lainnya masuk dalam line up starting eleven Argentina.

Menurut aturan yang berlaku di Brasil, siapa pun yang telah berada di Inggris dalam 14 hari terakhir harus menghabiskan banyak waktu untuk di karantina demi pencegahan vovid-19 yang memang masih cukup tinggi di Brazil. 

Justru karena itulah, Seleçao tidak memanggil beberapa pemain penting mereka seperti Alisson, Fabinho, Firmino, Gabriel Jesus dan lainnya.

Namun demikian beberapa jam sebelum laga Superclassico ini. Conmebol, federasi sepak bola Amerika Selatan, telah memberikan lampu hijau kepada empat pemain Argentina tersebut, berdasarkan kesepakatan yang ditandatangani antara 10 negara yang bersaing untuk kualifikasi dunia zona Amerika Selatan. Kesepakatan yang memungkinkan pemain dari berbagai tim nasional yang bermain di kompetisi eropa untuk tetap bisa bergerak bebas membela negaranya.

Tetapi kekacauan di Corinthians Arena ini tetap terjadi, dengan Argentina dipaksa kembali ke ruang ganti dan pertandingan dihentikan.

Insiden ini bisa saja bergulir menjadi liar, dan mengacaukan seluruh jadwal kualifikasi, dan ini bukan saja merugikan timnas Brazil tapi juga timnas Argentina dan tim-tim lainnya di zona Conmebol.

Bahwa seluruh agenda FIFA adalah telah terjadwal, penyesuaian dengan jadwal hanya memungkinkan dilakukan sebelum pertandingan berlangsung, nah yang terjadi di  Corinthians Arena ini sangat-sangat diluar ekspektasi, laga Brazil kontra Argentina ini adalah pertandingan besar yang jelas tidak mungkin tidak diketahui oleh otoritas apapun di Brazil, termasuk otoritas kesehatan. Seharusnya ada koordinasi terkait pelaksanaan pertandingan, sehingga apapun keputusan terkait jadwal pertandingan telah diketahui sebelum laga berlangsung seperti yang terjadi ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan