Mohon tunggu...
Chaerul Sabara
Chaerul Sabara Mohon Tunggu... Insinyur - Pegawai Negeri Sipil

Suka nulis suka-suka____

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Kilas Balik, Debut Messi bersama Barcelona

19 Agustus 2021   22:27 Diperbarui: 19 Agustus 2021   22:43 64 15 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kilas Balik, Debut Messi bersama Barcelona
Twitter.com/PSG_Inside. via. Kompas.com

Fans La Pulga sepertinya sudah tidak sabar menantikan debut pertama Lionel Messi bersama klub barunya PSG.
Menapak tilas ke tanggal 16 Oktober 2004 di Espanyol de Barcelona (atau dikenal dengan sebutan RCDE Stadium). 

Barcelona, yang saat itu diasuh oleh Frank Rijkaard berhadapan dengan rival sekota sesama Catalan, RCD Espanyol.

Satu momen penting dalam karir Messi tercatat kala itu, tepatnya di menit ke-82, La Pulga yang kala itu baru berusia 17 tahun, 3 bulan 22 hari. Messi mencatatkan debutnya di ajang La Liga bersama Barcelona, masuk menggantikan bintang Portugal, Deco yang mencetak gol satu-satunya dalam pertandingan tersebut pada menit ke-9, usai menuntaskan assist yang dikirimkan Samuel Eto'o.

Waktu 8 menit memang sangat minim untuk memberikan sesuatu yang lebih banyak apalagi bagi sebuah penampilan debut. Meski demikian dalam debutnya itu Messi telah menunjukkan kepada pelatih Frank Rijkaard tentang potensinya, sebuah sodoran dari Hendrik Larsson coba dimanfaatkan Messi, namun keburu diselamatkan Kameni penjaga gawang Espanyol.

Beberapa detik sebelum pertandingan berakhir sebuah umpan panjang dari bek di sisi kanan berhasil dikejar dan dikuasai oleh Messi mencoba mengocek bola saat berhadapan satu lawan satu dengan gelandang Espanyol, Ito. Sayangnya Messi tak berhasil melewati Ito.

"Ini adalah tanggal yang sangat penting dalam karier saya," kata Messi kepada Barca TV.  "Saya bisa mewujudkan impian masa kecil saya."

"Yang benar adalah bahwa itu adalah hari yang sangat bahagia. Saya senang, tetapi juga sangat gugup."

"Ketika saya masuk, saya hanya menikmati momen itu. Saya ingat saya memiliki peluang yang sangat bagus melawan kiper, tetapi saya tidak memanfaatkannya."

Satu catatan menarik dari laga debut Messi tersebut, adalah saat itu Messi sempat berhadapan dengan Mauricio Pochettino, pelatih Paris Saint-Germain yang kala itu membela Espanyol.

Semenjak saat itu, Lionel Messi menjadi pemain utama Barcelona dan nyaris tak pernah terpinggirkan dari starting XI. Dan patut dicatat bahwa debut Messi bersama Barcelona itu, Messi mengenakan nomor punggung 30.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan