Mohon tunggu...
Chaerul Sabara
Chaerul Sabara Mohon Tunggu... Pegawai Negeri Sipil

Suka nulis suka-suka____

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Seri Perdana MotoGP 2020, Siapa Juara?

18 Juli 2020   06:17 Diperbarui: 18 Juli 2020   07:06 73 16 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seri Perdana MotoGP 2020, Siapa Juara?
Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

Seri perdana MotoGP 2020 akan segera bergulir. Sirkuit Jerez akan menjadi seri pembuka MotoGP 2020. Balapan yang sudah lama ditunggu ini akhirnya tiba. Raungan mesin motor akan kembali terdengar pada seri pembuka MotoGP Spanyol 2020.

Gelaran MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez pada akhir pekan ini akan tampil dalam gelaran yang tidak lagi seperti tahun-tahun sebelumnya, pandemi covid-19 mengharuskan adaptasi baru pada gelaran kali ini. Protokol kesehatan akan menjadi bagian dari gelaran ini dan salah satunya adalah kursi penonton yang dipastikan kosong melompong.

Namun demikian perubahan situasi akibat pandemi ini, tidak berpengaruh pada persaingan di atas lintasan, persaingan ketat para pembalap masih menjadi suguhan yang ditunggu-tunggu oleh para penggemar MotoGP.

Dari dominasi Marc Marquez (Repsol Honda) di tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Marc Marquez kembali menjadi pembalap yang difavoritkan untuk memenangi balapan di MotoGP Spanyol 2020 ini. Dengan status sebagai juara bertahan MotoGP Spanyol, saat melakoni tes sirkuit pada Rabu (15/07/2020, Marquez tidak menunjukkan penurunan kecepatan. Dari hasil gabungan seri tes 1 dan 2 Marquez berada pada posisi ketiga, Maquez menorehkan waktu lap terbaik 1 menit 37,941 detik saat menutup sesi tes MotoGP Spanyol, lebih baik daripada lap tercepat yang dibukukannya pada balapan musim lalu yang menorehkan waktu 1:38,051.

Meski begitu, Marc Marquez mendapatkan ancaman dari beberapa pebalap yang juga menunjukkan penampilan yang impresif. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha), Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT), dan Alex Rins (Suzuki Ecstar) siap mengancam.

Vinales dan Quartararo memuncaki tabel waktu lap tercepat pada sesi tes di Jerez, melanjutkan hasil impresif yang mereka tunjukkan selama tes pramusim.

Dari hasil gabungan seri tes Jerez, Maverick Vinales menyebar ancaman dengan meraih catatan waktu tercepat 1menit 37,793 detik, kemudian disusul oleh Fabio Quartararo yang menggeber Yamaha dengan catatan waktu 0,118 detik lebih lambat dari Vinales. Alex Rins tak mau kalah dengan selalu tampil konsisten untuk berada di grup teratas. Rins berada di posisi keempat pada hasil gabungan tes Jerez, terpaut hanya 0,252 detik dari catatan Marquez. Selanjutnya disusul oleh Vale dari tim Monster Energy Yamaha dengan catatan waktu lebih lambat 0,029 detik dari Rins dan 0,281 detik dari Marc Marquez

Ketatnya persaingan pada balapan kelas para raja di lintasan sepanjang 4,4 kilometer tersebut akan menyajikan tontonan yang seru meski hanya melalui layar kaca, Marquez yang tampil sebagai juara bertahan mengandalkan pengalaman memenangi MotoGP Spanyol ini. Seperti diketahui, Marquez menjadi satu dari dua kontestan MotoGP musim ini yang pernah memenangi balapan MotoGP Spanyol, bersama The Doctors Valentino Rossi. Marquez menorehkan tiga kali kemenangan di MotoGP Spanyol yang digelar di Sirkuit Jerez dengan dua kemenangan diraihnya pada gelaran dua musim terakhir.

Selain ancaman dari ketiga pebalap diatas, ancaman lain juga datang dari salah satu legenda MotoGP, Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) yang memiliki catatan menawan di MotoGP Spanyol ini, Rossi sudah tujuh kali memenangi balapan MotoGP Spanyol.

Jerez menjadi salah satu sirkuit yang paling sering dimenangi oleh Rossi. Terakhir kali pebalap berjuluk The Doctor ini naik ke podium tertinggi di Jerez adalah pada musim 2016.

Ketika Sirkuit Jerez menjadi tuan rumah seri pembuka MotoGP pada 2005 The Doctor pemegang sembilan gelar juara dunia itu tampil sebagai yang tercepat. Musim berikutnya pada gelaran MotoGP 2006 Rossi gagal meraih podium, ia harus rela finis di urutan ke-14 setelah sempat mengalami insiden ditabrak oleh Toni Elias.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN