Mohon tunggu...
Mardyaning Christ
Mardyaning Christ Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Have a good day!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Buah Pembelajaran Penulisan Naskah Digital

16 Desember 2020   20:55 Diperbarui: 16 Desember 2020   21:13 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : istockphoto.com

Penulisan Naskah Digital atau yang biasa dikenal dengan PND merupakan salah satu mata kuliah pilihan bagi para mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Dari mata kuliah PND mengajarkan saya untuk berani menulis di Kompasiana, yang awalnya saya merasa takut untuk membuat tulisan di media online namun lewat mata kuliah PND saya menjadi lebih berani untuk terus mencoba menulis di media online.

Pengalaman menarik yang saya dapatkan ketika mengikuti mata kuliah PND yaitu ketika saya harus mengirimkkan surat pembaca dan opini publik ke media. Surat pembaca saya mengirimkan ke media Pikiran Rakyat.com, lampiran :

Sumber : Tangkapan layar dari website PikiranRakyat.com
Sumber : Tangkapan layar dari website PikiranRakyat.com
Kemudian disusul dengan pengiriman opini publik, saya mengirimkan ke media tirto.id, lampiran : 

Sumber : Tangkapan layar dari pengiriman email ke tirto.id
Sumber : Tangkapan layar dari pengiriman email ke tirto.id
Mata kuliah PND tidak hanya mengajarkan saya megenai menulis di media online saja, namun saya juga dapat belajar untuk membuat poster kreatif untuk di unggah ke media sosial. Selain itu, juga dalam mata kuliah PND saya juga belajar mengenai bagaimana membuat story line untuk iklan, yang mana membuat story line dalam iklan merupakan pembelajaran pertama bagi saya.

Selain itu juga dari mata kuliah PND ada beberapa tugas yang memang mengharuskan saya untuk bekerja kelompok sehingga saya mendapatkan pelajaran untuk lebih bisa bekerja sama dengan kelompok di keadaan pandemi Covid-19 yang terpisah di rumah masing-masing.

Berikut lampiran tugas yang saya buat dalam mata kuliah PND :

Twitter : https://twitter.com/christraani/status/1321606602382663680?s=19

Instagram : https://www.instagram.com/p/CG6bPQHFqO3/?igshid=1wksipy6nv0l5

Sehingga, jika keseluruhan tugas yang saya kerjakan yaitu 6 artikel Kompasiana, Pengiriman surat pembaca dan opini publik ke media, dan membuat iklan di media sosial Twitter dan Instagram.

Total viewers yang saya dapatkan hingga Rabu, 16 Desember 2020 dari 6 artikel yang saya unggah di Kompasiana yaitu sebanyak 397 viewers. Selain itu, saya juga mendapatkan 54 like di unggahan poster dalam media sosial Instagram. Walaupun, mata kuliah PND ini dilakukan secara daring namun saya menikmati proses pembelajaran yang dilakukan selama ini dan tentunya juga menambah wawasan saya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun