Mohon tunggu...
CHRISTOPHER WILLIAMSANTOSO
CHRISTOPHER WILLIAMSANTOSO Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa Universitar Parahyangan jurusan teknik industri. Kesenanga saya adalah segala hal yang berhubungan dengan teknologi dan mesin. Soft skil saya adalah bermusik. Oleh karena itu saya bisa memainkan beberapa alat musik seperti gitar, bass, drum dan piano.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pentingnya Kerja Sama dan Public Speaking

26 November 2022   19:26 Diperbarui: 26 November 2022   19:38 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pada acara geladi humanisasi ada banyak beberapa kegiatan utama. Kegiatan yang pertama adalah mengerjakan tugas. Dalam tugas tersebut terdapat dua soal. Soal yang pertama meminta pendapat kita dari sebuah video yang dapat kita pilih. Untuk soal kedua saya adalah mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan kita tuangkan dalam tulisan bagian mana yang paling menarik dari lirik lagu tersebut. Kegiatan selanjutnya kami melakukan kerja sama untuk mempersiapkan presentasi dalam waktu yang singkat. Dalam acara tersebut kita dilatih untuk belajar berbicara di depan orang banyak dan bekerja sama dengan orang yang baru kita kenal.

Kegiatan geladi humanisasi sangat membantu saya untuk melatih diri saya public speaking sehingga membuat saya lebih percaya diri dalam berbicara di depan umum. Saya juga dapat belajar banyak hal dari kegiatan kelompok dimana kita narus berani berbicara dahulu dan mengarahkan kelompok agar membawa suasana yang cair dalam kelompok. Selain itu juga saya berlajar menggunakan logika.

Logika dan kemampuan berbicara di depan umum sangat diperlukan khususnya di dunia kerja. Dalam dunia kerja kita harus dapat menggunakan logika kita agar pekerjaan yang kita lakukan dapat selesai lebih efektif. Kita juga dapat lebih bijak saja dalam memilih keputusan dalam pekerjaan kita dan tidak mudah dibodohi oleh perusahaan. Kemampuan berbicara juga harus dimiliki oleh kita karena kita harus banyak berbicara di depan orang conntohnya memimpin rapat, discusi dengan clien dan lain-lain.

Manfaat yang saya dapat dalam kegiatan geladi humanisasi adalah menjadi lebih berani untuk berbicara di depan orang banyak dan belajar untuk bekerja sama dengan siapa saja khususnya orang-orang yang baru kita kenal. Hal-hal di atas tentu saja sangat berguna bagi saya untuk diterapkan dalam perkuliahan karena dalam dunia perkuliahan kita pasti bertemu banyak tugas presentasi dan banyak kerja kelompok. Saya dapat mengasah kemampuan saya dalam kerja kelompok dengan bertanggung jawab dalam kerja kelompok. Untuk berbicara di depan umum saya dapat melatihnya dengan mempersiapkan kata-kata sebelum presentasi dan belajar presentasi tanpa menghafal teks.

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun