Kesehatan

5 Manfaat Meminum Jus Wortel, Selain untuk Kesehatan Mata (BINUS University)

7 Desember 2018   17:08 Diperbarui: 7 Desember 2018   17:49 77 0 0

Seperti sudah diketahui, rutin mengonsumsi wortel akan memberi manfaat yang berlimpah bagi kesehatan. Karena wortel cukup banyak mengandung nutrisi seperti potasium, serat, biotin, mangan, asam pantotenat, folat, vitamin B1, B2, B6, C, E dan K

Untuk Anda yang sangat sibuk, mengonsumsi jus wortel tentu akan menjadi sebuah solusi yang praktis. Selain bisa dengan mudah ditemukan, wortel juga dapat dibeli dengan harga yang terjangkau. Di balik kepraktisan dan rasa yang lezat, ternyata jus wortel juga menyimpan banyak manfaat yang mungkin tidak Anda duga, seperti 5 hal berikut ini.

1. Menurunkan risiko kanker

Kanker berkembang saat sel-sel abnormal terbentuk dan berkembang biak secara tak terkendali. Kandungan antioksidan pada wortel membantu menghentikan kerusakan sel akibat berkembangnya sel kanker.

Dalam sebuah penelitian, ekstrak jus wortel digunakan selama 72 jam dalam perawatan sel leukemia dan sel-sel kontrol nontumor yang merangsang kematian sel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa wortel mengandung bahan kimia bioaktif yang efektif untuk menghentikan perkembangan penyakit ini dan mengobati leukemia.

2. Mendukung kehamilan yang lebih sehat

Minum jus wortel selama kehamilan sangat bermanfaat bagi Anda dan janin. Menurut American College of Obstetrician and Gynecologists (ACOG), wanita hamil dan menyusui membutuhkan 1.000 mg kalsium per hari. Kandungan kalsium, folat, potasium, magnesium, dan vitamin A bisa memperkuat tulang bayi dalam kandungan dan mencegah cacat lahir. Selain itu, vitamin C dan vitamin A dalam jus wortel juga berperan sebagai antioksidan pada kehamilan. Antioksidan melindungi ibu dan janin dari paparan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk dapat menurunkan risiko infeksi.

3. Memperkuat fungsi otak

Beta-karoten dalam jus wortel bisa memperkuat fungsi otak dan meningkatkan daya ingat. Stres oksidatif yang diakibatkan oleh polusi udara dan faktor lainnya bisa menyumbang kerusakan sel otak dan sel saraf. Kondisi ini mampu melemahkan sinyal saraf dan mengurangi fungsi kognitif otak. Tak hanya itu, zat ini juga bermanfaat untuk mengurangi risiko demensia seiring dengan pertambahan usia.

Sebuah penelitian dilakukan pada 10 pekerja yang terpapar timbal. Mereka diberikan 10 mg beta-karoten selama 12 minggu. Hasilnya, kelompok pekerja yang menerima asupan betakaroten memiliki tingkat stres oksidatif lebih rendah. Oleh karenanya, minum satu gelas jus wortel setiap hari mampu menurunkan risiko kerusakan pada sel dan saraf otak akibat stres oksidatif.

4. Memperkuat sistem imun

Wortel mengandung antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas, kerusakan sel, dan peradangan. Sehingga vitamin C dalam segelas jus wortel dapat mendorong sistem kekebalan tubuh untuk dapat menangkal serangan penyakit seperti flu dan penyakit imun lainnya.

5. Meningkatkan metabolisme

Jus wortel mampu meningkatkan sekresi empedu yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Menurut sebuah penelitian di tahun 2006 yang dilakukan pada seekor tikus, pemberian jus wortel dapat meningkatkan aliran empedu yang berkontribusi untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Peningkatan metabolisme pada tubuh tikus berefek pada penurunan berat badan. Peneliti mengatakan, hasil serupa juga kemungkinan besar juga akan dialami oleh manusia.

Di samping itu, jus wortel juga termasuk minuman rendah kalori yang mengenyangkan. Sehingga, bisa menjadi alternatif bagi Anda yang berada dalam program diet.