Mohon tunggu...
Christine Leevo
Christine Leevo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Ilmu Komunikasi President University

gadis berlesung pipi yang sangat menyukai kpop dan kdrama. welcome! ^^

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mengenal Komunitas Agama Buddha di President University, Keluarga Mahasiswa Buddhis Ashokavardhana

11 November 2021   14:20 Diperbarui: 11 November 2021   14:39 133 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

KMB Ashokavardhana

Keluarga Mahasiswa Buddhis Ashokavardhana (KMBA) adalah komunitas yang dibentuk oleh mahasiswa buddhis di President University. KMBA dibentuk pada November 2004 sebagai sebuah komunitas buddhis yang resmi yang bergerak di bidang sosial dan keagamaan. Walaupun sudah dibentuk pada 2004, KMBA baru resmi berjalan pada tahun 2006 dengan beranggotakan sembilan orang. 

KMBA memiliki visi yaitu membangun komunitas yang cerdas, mempunyai perilaku yang baik, dan membentuk mahasiswa yang kreatif dan inovatif baik ke arah eksternal dan internal, serta membentuk pribadi yang selalu mengikuti ajaran Triratna.

Terkenal akan kekeluargaan yang kental

Walaupun KMBA merupakan suatu organisasi, tetapi KMBA tetap menjunjung tinggi nilai kekeluargaan di dalam setiap kegiatan. Tidak memandang senior atau junior, semua anggota sama di mata KMBA. 

Terlihat dari event penyambutan mahasiswa baru khususnya mahasiswa buddhis, semua anggota KMBA merangkul semua mahasiswa baru untuk bergaul, berteman dan berbaur bersama di event tersebut. 

Berasal dari berbagai latar belakang bukanlah menjadi penghalang untuk melakukan bonding antar anggota. Banyak anggota KMBA yang mengungkapkan bahwa 80% alasan mereka bergabung di KMBA adalah karena koko-cece nya sangat ramah dan peduli walaupun mereka merupakan mahasiswa baru (bukan anggota KMBA). Selain mengadakan event tertentu, KMBA juga memiliki kegiatan rutin seperti berkumpul, olahraga, dan berdoa bersama.

KMBA Welcoming Day 2021/Dokpri
KMBA Welcoming Day 2021/Dokpri
"Waktu hari terakhir Student Orientation, kita dipersilahkan untuk bergabung ke room meeting sesuai agama masing-masing. Disanalah aku mengenal KMBA. Walaupun kami mahasiswa baru, koko cece nya sangat baik dan ramah. Kami dikenalkan apa itu KMBA dengan sangat antusias. Koko cece nya pun sangat santai dan menanggapi semua pertanyaan yang kami tanyakan dengan sabar. Setelah melihat seperti ap aitu KMBA, akhirnya aku memutuskan untuk mendaftarkan diri di KMBA Regeneration 2020. Seperti yang aku harapkan sejak awal, KMBA memang seperti rumah kedua. Aku banyak belajar di KMBA. Semoga KMBA dapat selalu berkarya walaupun di masa pandemi.", ujar Diko Kintarenji yang sekarang menjabat sebagai member Connectivity & Self Development di Lotus Cabinet KMBA 2020-2021.

Tetap professional dalam menjalankan kewajiban 

KMBA memang menjunjung tinggi nilai kekeluargaan. Tapi bukan berarti anggota kabinet boleh tidak mengerjakan kewajiban yang telah ditetapkan sejak awal masa jabatan. 

Setidaknya bisa membedakan saat dimana harus serius dan saat harus bercanda. Tujuan utama KMBA adalah membentuk karakter setiap anggota melalui event yang akan dijalankan bersama. Berarti jika kewajiban tidak dijalankan dengan benar, maka tujuan utama KMBA tidak akan terwujud. Untuk mewujudkan tujuan itu, maka semua anggota memberikan yang terbaik untuk KMBA.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan