Media

Belajar dari "Social Media Manager" Lazada

8 Mei 2018   11:36 Diperbarui: 9 Mei 2018   07:47 588 2 1
Belajar dari "Social Media Manager" Lazada
https://eksperilunem.com/promo-lazada/

Social media sangat berpengaruh bagi perusahaan untuk meningkatkan brand awareness khalayak dan meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, perusahaan memerlukan social media manager yang akan menjalankan administrasi pemasaran melalui media sosial. Beberapa job desk yang dapat dilakukan oleh social media manager diantaranya, membuat perencanaan dan tujuan, mengatur konten, meningkatkan brand awareness dan reputasi online, dan masih banyak lagi. Tanggung jawab utama dari social media manager adalah mengimplementasikan rencana pemasaran melalui media sosial.

Social media manager yang baik dapat membuat awareness khalayak terhadap suatu perusahaan meningkat melalui konten yang diunggah ke dalam social media. Contoh pengelolaan social media yang baik dilakukan oleh salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan online, yaitu Lazada.

Akun resmi Lazada aktif mengunggah konten di instagram dan twitter sehingga kedua social media ini memiliki banyak followers. Beberapa konten yang diungah di instagram juga diunggah di twitter Lazada. Namun, kebanyakan konten di twitter Lazada berisi promosi dan voucher potongan harga. Akun instagram Lazada (lazada_id) diikuti sekitar 608 ribu followers, sementara akun twitter Lazada (@LazadaID) diikuti sekitar 375 ribu followers. Jumlah ini merupakan jumlah followers yang cukup banyak pada social media perusahaan.

Dibalik banyaknya jumlah followers social media Lazada terdapat social media manager yang bekerja keras mengatur konten di media sosial. Social media manager Lazada sudah melakukan beberapa tanggung jawab mereka, yaitu:

- Identify Target Customers

Target Lazada adalah anak-anak muda, sehingga konten yang diunggah lebih berwarna dan berisi kuis berhadiah supaya lebih menarik followers. Kebanyakan kuis Lazada diunggah di social media instagram, sedangkan untuk twitter Lazada lebih  banyak mengunggah voucher potongan harga. Ketika Lazada mengadakan kuis berhadiah di media sosial banyak anak muda yang ikut serta berpartisipasi dalam kuis tersebut, sehingga kolom komentar dibanjiri sekitar ribuan komentar.

screenshot
screenshot
data screenshot
data screenshot

data screenshot
data screenshot
-  Visual Design and Web Development Strategy

Konten yang diunggah di instagram atau twitter Lazada terlihat rapi karena mempunyai warna yang senada sehingga enak dipandang mata. Biasanya konten yang diunggah mempunyai warna dasar putih atau biru tua. Konten yang diunggah juga memiliki caption yang sesuai dengan gambar, sehingga audience yang membacanya dapat menemukan kesesuaian antara gambar dengan caption.

data screenshot
data screenshot
Supaya dapat meningkatkan kunjungan audience ke website Lazada dan media sosial selain instagram, maka admin atau  social media manager Lazada memiliki suatu trick. Trick yang dilakukan yaitu dengan melakukan talkshow tentang fashion yang dapat dilihat di instagram, facebook, youtube, dan website Lazada. Talksohow ini berjudul "Ganaz Show" yang merupakan singkatan dari Gaya Busana Lazada. Admin Lazada mengunggah poster tentang talkshow ini di instagram Lazada, sehingga audience yang melihatnya akan tertarik mengunjungi facebook, youtube atau website Lazada untuk melihat talkshow ini.

data screenshot
data screenshot
data screenshot
data screenshot
-           Promotion Strategy

Admin Lazada mempromosikan produk yang dijual melalui instagram dan twitter dengan mengunggah gambar produk dan memberi caption yang berisi ajakan untuk membeli produk. Lazada juga memberi promo menarik di media sosial sebagai bentuk promosi yang dilakukan. Misalnya dengan mengunggah poster promo diskon tambahan 10% dari Bank BRI jika membeli produk di Lazada. Selain itu, Lazada juga membagikan voucher potongan harga di media sosial. Promo menarik dan voucher potongan harga biasanya dibagikan melalui twitter Lazada dan menjadi cara untuk memikat audience supaya membeli produk di Lazada.

data screenshot
data screenshot
data screenshot
data screenshot

data screenshot
data screenshot
-  Engagement Strategy

Admin Lazada aktif mengunggah konten di media sosial, baik instagram maupun twitter setiap harinya sehingga dapat meningkatkan awareness audience terhadap Lazada. Bahkan konten yang diunggah di instagram dapat mencapai ribuan likers dan ratusan comment. Namun, tidak semua komentar bernada positif, terdapat banyak komentar negatif di instagram Lazada yang menunjukkan complain atau ketidakpuasan terhadap Lazada. Melihat komentar negatif tersebut, admin Lazada tidak diam saja. Admin terlihat membalas complain dari customer dan memberikan solusi terkait complain. Meskipun tidak semua komentar dapat dibalas satu per satu karena terlalu banyak komentar, tapi admin sudah menunjukkan pertanggungjawaban kepada customer.

data screenshot
data screenshot

Terlepas dari komentar negatif, admin Lazada juga berupaya menjalin relasi yang lebih akrab dengan audience. Ini dibuktikan dengan adanya panggilan khusus bagi para followers Lazada yaitu "Lazadians". Kemudian Lazada juga mengunggah quotes yang dapat menyemangati audience, meskipun tidak sering, namun dengan mengunggah quotes maka Lazada dapat meningkatkan keakrabannya dengan audience.

data screenshot
data screenshot
Selain quotes penyemangat, Lazada juga mengunggah ucapan pada beberapa hari-hari besar. Ucapan ini diunggah baik di instagram atau di twitter Lazada. Misalnya saat hari Kartini Lazada mengunggah gambar berisi tulisan "Selamat Hari Kartini", sementara pada saat hari raya Imlek Lazada mengunggah gambar dengan tulisan "Happy Chinese New Year". Ucapan yang diunggah saat hari-hari besar merupakan bentuk perhatian Lazada pada para followersnya.

data screenshot
data screenshot
data screenshot
data screenshot
Meskipun tidak semua komentar yang ada di media sosial Lazada bernada positif, tapi setidaknya apa yang dilakukan oleh social manager Lazada dalam memanage media sosial sudah baik dan dapat dicontoh bagi perusahaan-perusahaan yang ingin meningkatkan brand awareness perusahaan melalui media sosial.