Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Arsitek - Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Seorang "Honomi", Juga Salah Satu Malaikat Tuhan Terbaik untuk Menolongku

28 Maret 2020   14:30 Diperbarui: 28 Maret 2020   14:39 257
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi | Honomi, si malaikat terbaik yang menolongku di Toei

By Christie Damayanti

Jika aku ke Jepang, sebenarnya aku hanya ingin menjenguk anakku, Michelle, yang Tinggal disana. Kuliah dobel dan bekerja. Aku ke Jepang bisa ntara 2 atau 3 kali setiap tahunnya, sejak tahun 2017 lalu.

Dan karena anakku sibuk kulai dan kerja, waktu aku disana lebih santai dan "penggangguran", sehingga setiap hari disana aku selalu mencari2 kemana aku bisa pergi. Yang baru dan menarik. Minimal, aku bisa mendapatkan cerita untuk aku tulis.

Seperti hari itu, di musim panas tahun 2019 lalu di bulan Agustus, tiba2 aku ingin ke sebuah museum animasi. Tentu aku harus memilih museum animasi mana yang tidak terlalu jauh dan bisa memakai tiket JR Pass ku.

Hmmmmmm, 

Pilihanku adalah ke museum animasi Toei, sebuah museum animasi yang memproduksi manga dan anime "One Piece", yang booming di kalangan anak2 muda seperti Michlle anakku di dunia ....

Nah, ternyata Museum Animation Toei tidak terlalu jauh dari Tokyo. Dari apartemen anakku di Funabashi Hoten, aku naik JR dengan jalur Musashino sampai Stasiun Ahin-Akitsu, lalu harus berjalan sampai ke Stasiun Akitsu sekitar 650 meter. Tidak jauh, apalagi aku naik kursi roda ajaibku, hihihi .....

Setelah itu selama 5x berhenti di 5 stasiun, aku sasmpai ke Stasiun Oizumi-gakuen. Dari situ, aku harus berjalan kaki sekitar 1 km untuk sampai ke Museum Animation Toie.

Total perjalanan dari apartmen Michelle di Funabashi Hoten di Chiba, menembus belantara Tokyo, sampai ke tujuan, memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit dengan biaya 1.145 Yen. Tetapi, aku kan sudah membayarya lewat tiket JR Pass yang berlaku 1 minggu seharga 29.000 Yen.

Setiap ku ke Jepang, aku menghabiskan waktu 2 minggu. Jadi, yang 1 minggu discover oleh JR Pass untuk keliling Jepang kemanapun. Dan sisa 1 minggu lagi, aku harus membeli tiket isi ulang dengan SUICA dan tidak pergi keluar kota. Karena jika keluar kota, mahal sekali karena harus naik Shinkansen.

Oklah. Perjalanan yang nyaman dan aku nyaman naik kereta commuter dengan berbagai bantuan dari petugas2 stasiun untuk bantu antar jemput tentang ramp mobile atau slooping.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun