Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Arsitek - Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Nature Artikel Utama

Menuju ke 'Perut Bumi' : Terowongan di Swiss

27 Mei 2015   16:50 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:32 1776
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

By Christie Damayanti

[caption id="attachment_420700" align="aligncenter" width="558" caption="www.tunneltalks.com"][/caption]

Menuju ke 'perut bumi'

Ketika kita berada di negara pegunungan, dimana jika untuk melakukan perjalanan dari kota satu ke kota yang lain harus mengelilingi gunung dan lembah, tidak salah jika pemerintah membuat suatu 'terobosan' dengan membangun terowongan. Terowongan2 itu di dasari bukan untuk 'merusak' alam dan pegunungan, tetapi untuk mensejahterakan warga negara. Dan untuk menggali terowong2 tersebut dibutuhkan riset yang mendalam, dimana titik yang bisa dibangun terowongan.

Tidak semua titik bisa dibangun terowongan. Penggalian gunung bukan semata2 'menggali' saja, tetapi harus diihat yang terbaik agak gunung dan lingkungan tidak rusak dan haarus selalu memeliharanya. Penggalian itu pun harus dilihat dari sisi 'keindahan'nya, selain dari bisa atau tidak nya untuk dibangun terowongan.

Beberapa negara pegunungan yang sudah aku datangi, memang sangat inspiratif sebagai negara dengan tata letak perkotaannya berada di puncak gunung, kaki gunung atau di lembahnya. Sepanjang Pegunungan Alpen di Eropa, banyak terowongan2 yang digali untuk menembusnya, di negara Swiss dan Austria. Terowongan pendek sampai berkilo-meter, ada disana. Sangat inspiratif sebagai bagian dari teknologi terowongan, dimana ternyata sudah dimulai sejak ribuan tahun lalu.

Banyak ahli tenik sipil mengatakan bahwa sebuah terowongan merupakan 'tembusan bawah permukaan bumi'. Konsep terowongan adalah untuk menunjang transportasi yang digunakan untuk jalan raya, kereta, komunikasi, air bahkan limbah. Jadi untuk membangun sebuah terowongan, harus di desain komprehensif sebagai bagian dari fasilitas negara untuk warganya. Dan seni membangun terowongan membelah gunung dan bumi ini sudah domulai sejak ribuan tahun lalu, tinggal jaman sekarang ini dipermodern dengan banyak fasilitas .....

[caption id="attachment_420701" align="aligncenter" width="400" caption="www.b-bot.ca"]

1432719755305074994
1432719755305074994
[/caption]

Bagaimana transportasi darat di Swiss mampu 'menembus' gunung2 itu dengan cepat, selain menerobosnya?  Konsep tentang 'MENEMBUS BUMI', yang ternnyata sudah ada seak ribuan tahun lalu .....

Swiss adalah neara yang dikelilingi oleh Pegunungan Alpen, dan posisinya sangat strategis. Tiap hantaran logistic darat Eropa, selalu melewati Swiss, karena letaknya memang benar2 di tengah2 Eropa. Sehinnga, permasalahan menjadi kian menumpuk, ketika perjalanan darat harus berputar karena Swiss dikelilingi oleh gunung2 tinggi. Jaman dulu, hampir dipastikan semua transportasi darat harus berkelok2, karena harus mengelilingi pegunungan.

Karena hidup di Swiss berarti siap dengan berjalan berkelok2, membuat orang2 Swiss terkenal dengan insinyur2 pembuant terowongan yang sangat handal, seperti insinyur2 Belanda yang sangat piawai untuk membuat konstruksi air nya. Teknik orang2 Swiss untuk membangun jalan dan rel kererta menembus gunung dan perut bumi adalah yang terbaik di dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun