Mohon tunggu...
Christian Wibisono
Christian Wibisono Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswa

Menjadi Pribadi yang Lebih Kreatif dan Inovatif

Selanjutnya

Tutup

Nature Artikel Utama

Microgreen, Tanaman Kecil Banyak Manfaat

15 Juli 2022   16:37 Diperbarui: 16 Juli 2022   02:12 214 15 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Microgreen adalah suatu jenis sayuran dengan kandungan gizi dan nutrisi tinggi, dibandingkan dengan tanaman pangan pada umumnya (Dokpri)

Kebutuhan lahan nonpertanian yang besar mengakibatkan lahan pertanian mulai tergusur, sehingga menimbulkan masalah yang cukup besar, karena kebutuhan pangan meningkat, namun pasokan berkurang. 

Kebutuhan penduduk yang masih bergantung terhadap barang pangan yang murah dan dalam kondisi baik, namun hal tersebut malah bertimbal balik. 

Akibat dari pasokan yang sedikit membuat harga hasil pertanian menjadi naik, sehingga penduduk lebih memilih hasil pertanian yang murah tanpa memperdulikan kondisinya. 

Banyak hasil pertanian yang sudah busuk masih dijual dan masih banyak yang membeli, guna memenuhi kebutuhan pangan dalam rumah tangga.

Hasil pertanian yang sudah busuk ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang rendah, bahkan beberapa yang sudah kelewat busuk akan sangat berbahaya, dan bisa menjadi racun dalam tubuh. 

Pemanfaatan hasil pertanian yang sudah busuk ini juga masih banyak didapati didaerah-daerah yang kesulitan mendapatkan hasil pertanian ataupun daerah pelosok yang jauh dari tempat penghasil barang pertanian. 

Hal ini sejalan dengan pasokan ke daerah yang kurang baik, sehingga harga yang didapati pada daerah tersebut akan sangat mahal dibandingkan biasanya. Permainan tengkulak dalam pasar membuat harga-harga sayuran ini menjadi tidak stabil, ditambah dengan stok yang terkadang habis.

Akibat dari permasalahan-permasalahan tersebut haruslah penanganan lain muncul, selain dengan impor dari negara lain. Karena dengan melakukan impor yang terus menerus akan menambah beban utang negara. 

Penanganannya yaitu dengan menggunakan Microgreen. Microgreen ini termasuk ke dalam Urban Gardening karena dapat menjadi solusi rumah tangga, ataupun perkotaan. 

Cara pembuatan serta perawatannya tergolong mudah dan murah, serta dapat dilakukan secara berkala terus-menerus. Microgreen ini tergolong hal yang baru, namun sangat bermanfaat, karena tidak memerlukan ruang yang banyak dan dilakukan hanya pada nampan-nampan berukuran sedang sampai dengan besar.

Microgreen ini adalah suatu jenis sayuran dengan kandungan gizi dan nutrisi tinggi, dibandingkan dengan tanaman pangan pada umumnya. Namun, hal ini tergantung dari daya simpannya juga, karena jika terlalu lama disimpan akan menurunkan kualitasnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan