Mohon tunggu...
Christabell Kusuma
Christabell Kusuma Mohon Tunggu... Mahasiswa - student

merangkai kata menjadi kalimat

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tugas Pasca Geladi

5 Oktober 2022   18:30 Diperbarui: 5 Oktober 2022   18:35 30 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Geladi hominisasi yang dilaksanakan pada Minggu, 2 Oktober 2022 dimulai dan diakhiri dengan berbagai macam kegiatan yang menarik dan bermanfaat. Dimulai dengan adanya tugas pra geladi. Dalam tugas ini, kami diminta untuk mendengarkan lagu Indonesia Raya 3 stanza dan mencari syair yang menurut kami paling menarik. Dalam mencari dan memaknai 1 syair ini menurut saya menarik karena disini saya bisa memaknai lebih mendalam lagi mengenai maksud yang ingin disampaikan dalam lagu Indonesia Raya. S

elanjutnya, kami diminta untuk menonton film documenter yang telah disediakan. Saya memilih "KISARASA Episode 1 - Perjalanan Chef Juna ke Bali, Penuh Rasa dan Kenangan". Dengan menonton ini saya menjadi lebih mengerti tentang adat istiadat dan keunikan yang ada di Bali khususnya dari segi makanan khasnya yakni ayam betutu. Saya meilhat bagaimana kompleks nya pembuatan ayam betutu dan bagaimana cara untuk tetap mempertahankan eksistensinya di masa sekarang ini. 

Tentu dari sini saya juga memahami bahwa terdaoat banyak tantangan yang harus dihadapi sebagai anak muda untuk mempertahankan Indonesia yang satu. Pada hari pelaksanaan, gladi dimulai pada pukul 08.00 dan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta hymne UNPAR. Serangkaian acara gladi pada hari itu terbilang cukup menarik dan banyak ilmu yang bisa didapat terutama pada saat diskusi dan presentasi didepan orang orang baru. Acara geladi selesai pk. 13.00 dengan ditutup doa dan menyanyikan lagu mars UNPAR.

            Dalam mengikuti geladi hominisasi ini, saya banyak belajar terutama bagaimana saya harus bersikap dengan orang lain yang baru dikenal. Hal ini terjadi saat kami diminta membuat presentasi dalam waktu 45 menit sesuai dengan tema kelompok kami. Disini saya belajar untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain, mau menghargai dan mendengarkan pendapat orang lain, dan juga manajemen waktu. 

Saya juga mendapatkan pengetahuan mengenai cara Menyusun presentasi yang baik dan bagaimana cara menyampaikan presentasi dengan baik. Dalam geladi ini saya juga menjadi sadar akan pentingnya menggunakan logika dan Bahasa sebagai warga negara. Logika sangat diperlukan terutama dalam kita bertindak atau mengatakan sesuatu. Dengan menggunakan logika, kita seharusnya bisa berpikir jauh ke depan mengenai apa konsekuensi dari setiap perbuatan yang kita lakukan atau ucapan yang kita katakan. 

Bahasa juga sangat penting terutama untuk menyampaikan maksud dari perkataan kita kepada orang lain. Tentunya ini terkait dengan bagaimana kita bisa memahami perkataan orang lain dan sebaliknya. Bahasa juga sangat diperlukan untuk melakukan suatu presentasi. Dengan bahasa yang baik dan benar orang orang yang mendengarkan presentasi dari kita akan merasa senang  dan tentunya mengerti maksud yang ingin disampaikan.

Banyak manfaat yang saya dapat dengan mengikuti geladi hominisasi ini. Saya bisa belajar bagaimana untuk Menyusun presentasi dan mempresentasikannya kepada orang lain, mendapat ilmu dan masukan dari para fasilitator mengenai penyampaian materi dan materi yang terkandung didalam presentasi yang sudah dibuat, saya juga belajar bagaimana cara mengatur waktu dan bekerjasama dengan orang orang yang baru saja dikenal. 

Tentunya, kemampuan yang akan saya terapkan dalam perjalanan saya di kuliah ini adalah bagaimana cara berkomunikasi dengan orang lain melalui gesture badan dan wajah. Selain itu, cara Menyusun presentasi yang padat akan makna namun disampaikan dengan singkat dan jelas. 

Untuk meningkatkan kemampuan saya dalam berpikir dan berbahasa sebagai warga negara, saya akan mengasah otak saya lewat interaksi langsung dengan lingkungan. Sebagai contohnya, mau berkenalan dengan orang lain dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir, saya bisa melatih itu dalam perkuliahan baik itu dalam pelajaran wajib maupun MKU.

#unpar#geladihominisasi#universitaskatolikparahyangan#ppilph#lifeatunpar

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan