Mohon tunggu...
Chrissilia Yunia
Chrissilia Yunia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya merupakan mahasiswa agribisnis tingkat dua di Universitas Diponegoro.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Meningkatnya Harga Daging Ayam dan Daging Sapi Jelang Lebaran di Pasar Damar

13 Mei 2022   15:10 Diperbarui: 13 Mei 2022   15:30 433 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pasar Damar, Kecamatan Banyumanik (Dokpri)


Semarang, Jawa Tengah - Harga daging mengalami kenaikan menjelang hari raya lebaran 2022. Hal tersebut diawali pada saat memasuki bulan lebaran, banyak komoditas pangan yang mengalami kenaikan harga jual di pasar tradisional, salah satunya adalah komoditas daging baik daging ayam maupun daging sapi. Pada Jumat (29/4/2022) terpantau harga daging ayam broiler jelang lebaran sudah menembus harga Rp45.000,- per ekor.

(Dokpri)
(Dokpri)

Menurut Ibu Sumarti, salah satu pedagang daging ayam di Pasar Damar, Kecamatan Banyumanik, mengatakan bahwa sebelum bulan puasa, beliau menjual ayam broiler seharga Rp35.000,00 -- Rp40.000,00 per kilogramnya, tetapi karena terjadinya fluktuasi harga ayam jelang lebaran maka harga jual ayam pun meningkat sebesar Rp5.000,00. Harga tersebut biasanya akan meningkat lagi sekitar Rp5.000,00 di tiga atau dua hari sebelum lebaran. "Harga ayam di bulan puasa tidak pernah sama, mendekati lebaran harga tiap hari terus naik," ujarnya.

Ibu Sumarti merasakan adanya peningkatan pembeli ayam broiler pada H-2 jelang lebaran. "Permintaan biasanya meningkat mulai H-2 dan H-1 menjelang lebaran, karena pada hari lebaran sudah tidak ada yang berjualan di pasar," jelasnya. Perkiraan penjualan ayam broiler menjelang lebaran tersebut dapat mencapai 100-150 kg dalam satu harinya sehingga omset yang diperolehnya diperkirakan mencapai Rp4.500.000,00-Rp7.000.000,00.

Dokumentasi saat wawancara bersama Ibu Sumarti, salah satu pedagang ayam di Pasar Damar (Dokpri)
Dokumentasi saat wawancara bersama Ibu Sumarti, salah satu pedagang ayam di Pasar Damar (Dokpri)

Berbeda dengan Ibu Sumarti, salah satu pedagang ayam lainnya yang berlokasi sama di Pasar Dama, yaitu Ibu Rini merasakan adanya kendala saat berjualan daging ayam selama bulan Ramadhan ini. "Jualan ayam broiler di bulan Ramadhan ini justru berkurang kok mbak, karena pembeli lebih milih beli ayam di luar pasar karena harga ayam disini itu sudah naik jauh", tutur beliau. Berkurangnya penjualan ayam di bulan jelang lebaran dapat ditutupi dengan penjualan daging sapi. Bu Rini mengatakan bahwa berbeda dengan daging ayam, daging sapi justru mengalami peningkatan apalagi Bu Rini memiliki pelanggan tetap yang membeli daging sapi sebanyak 7 kg per harinya. Dimana daging sapi sebelum Ramadhan ataupun jelang Ramadhan tidak mengalami kenaikan harga yang signifikan, sebelumnya dijual Rp120.000,00/kg maksimal kenaikannya H-2 lebaran hanya sampai Rp150.000,00. Apalagi daging sapi yang dijual di Pasar Damar milik Bu Rini juga memiliki kualitas yang bagus dan segar sehingga tetap dapat memberikan pendapatan bagi Bu Rini.

Pedagang daging sapi dan daging ayam di Pasar Damar (Dokpri)
Pedagang daging sapi dan daging ayam di Pasar Damar (Dokpri)


Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan