Mohon tunggu...
Chrisanta Cheryll
Chrisanta Cheryll Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Katolik Parahyangan

Nama saya Chrisanta Cheryll Saya dari jurusan Manejemen

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tugas Pasca Gladi Hominisasi

2 Desember 2022   19:40 Diperbarui: 2 Desember 2022   19:43 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Geladi hominisasi 7: Tugas Pasca Geladi

Saya mengikuti Hominisasi pada tanggal 28 November 2022. Sebelum tepat pada tanggal 28, saya diberikan tugas yang berbagai macam tugasnya. Pertama saya diminta untuk melihat dan mendengar lagu Indonesia Raya 3 stanza kemudian melilih salah satu video yang kita tonton. Saya memilih video Kampung Naga di Tasikmalaya, dan kebetulan saya sudah pernah kesana saat SMP acara sekolah. Kemudian pada saat hari H, saya diajak untuk mendengarkan bagaimana pentingnya kegiatan Hominasasi ini, kemudian ada kegiatan dimana kita dibagi pada masing -- masing kelompok dari berbagai macam jurusan untuk saling bekerja sama dalam mengerjakan sebuah tugas dimana tugas tersebut akan di presentasikan juga didepan teman -- teman dari kelompok lain.

Pengalaman yang saya dapat ketika mengikuti Gladi Hominisasi adalah, saya menjadi tau berbagai macam budaya dan makna dari lirik lagu Indonesia Raya 3 stanza melalui tugas pra gladi. Kemudian saat geladi hominisasi, saya mendapat pengalaman bisa bertemu dengan teman -- teman jurusan lain, meningkatkan kerjasama kita dengan orang yang tidak kita kenal dimana kita harus saling bekerja sama agar mendapat hasil yang baik. Kita juga diajak untuk berlatih akrab dengan teman -- teman di jurusan lain.

Sebagai warga negara Indonesia, kita harus menjadi warga yang baik dan bisa memajukan sebuah bangsa. Dalam hal ini, diperlukan kemampuan dalam logika untuk menghadapi sesuatu agar sesuatu yang kita hadapi bisa mendapatkan sebuah solusinya. Maka dari itu dalam menyampaik sebuah logika atau pemikiran, kita harus menggunakan Bahasa yang baik dan benar. Dengan menggunakan Bahasa yang baik dan benar. Mengapa itulah pentingnya menggunakan logika dan Bahasa sebagai warga ber negera.

Manfaat yang saya dapat adalah, kita menjadi semakin mengetahui teman -- teman kita yang berada di Unpar melalui Gladi Hominisasi ini, semakin memiliki banyak pengetahuan dari pembicara -- pembicara yang mendampingi saat proses, saling bekerja sama, bertukar ide dengan teman sekelompok, juga melatih diri dalam menampilkan sebuah presentasi dengan baik.

Cara untuk meningkatkan kemampuan dalam berpikir yaitu;

(1)Jangan Menelan Informasi Mentah-mentah. Orang yang memiliki kemampuan berpikir baik, maka akan tidak mudah dalam menerima informasi -- informasi yang beredar, baik secara langsung maupun melalui internet. Mereka akan menyaring informasi tersebut seperti melihat apakah sumber tersebut terpercaya atau tidak. (2)Perbanyak Baca Buku. Membaca bukunya berarti melatih pemikiran karena kita diajak untuk mencoba memahami arti atau makna atau argument dari penulis buku tersebut. Cari buku yang menurutmu sulit untuk dipahami lalu baca pelan-pelan sampai kamu mengerti karena otak harus dilatih dengan membaca. (3)Diskusi Dengan Teman. Kita bisa mengajak teman untuk berdiskusi mengenai banyak hal, bukan bergosip melainkan membahas isu -- isu yang ada, seperti isu social, isu politik, dsb. Karena dengan membahas suatu hal yang rumit dapat membuat kita berpikir lebih keras.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun