Mohon tunggu...
Chrestella Aurora Rambu
Chrestella Aurora Rambu Mohon Tunggu... Mahasiswi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Hi there I'm Aurora but you can call me Rora! I'm a student at University Atma Jaya Yogyakarta, majoring in Communication Science.

Selanjutnya

Tutup

Media

Pantene dan Duta Shampoo di Berbagai Dunia yang Membuktikan "Strong is Beautiful" dengan Versi Mereka Sendiri

20 November 2020   23:39 Diperbarui: 21 November 2020   09:19 148 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pantene dan Duta Shampoo di Berbagai Dunia yang Membuktikan "Strong is Beautiful" dengan Versi Mereka Sendiri
sumber : https://www.google.co.id/

"Aku jadi duta sampo lain?" Siapa sih yang tidak asing dengan slogan tersebut pastinya kita mendengar slogan tersebut dari sebuah iklan produk perawatan rambut yang sangat terkenal dan bahkan iklan ini sempat menjadi trending di negara Indonesia sendiri.

Iklan tersebut menggarap Anggun C. Sasmi sebagai modelnya dan sekaligus menjadi duta sampo atau Brand Ambassador produk yang berasal dari Swiss dan kemudian diambil ahli oleh  Amerika Serikat yaitu Pantene.

Pantene menjadi salah satu produk perawatan rambut terkenal di semua negara yang diawali dengan penemuannya di tahun 1945 oleh ilmuwan dari sebuah perusahaan obat Swiss yaitu Hoffman-La Roche. Kemudian pada tahun 1985 sebuah perusahaan internasional yaitu P&G atau Procter & Gamble yang berasal dari Amerika Serikat membeli saham Pantene sebanyak 100%.

Pantene sudah menjadi salah produk yang tidak asing bagi masyarakat di berbagai dunia karena mereka sudah memperluas penjualan produk mereka hingga sampai sekarang dengan total 50 negara. Karena itulah Pantene bersaing dengan produk-produk perawatan rambut untuk mendapatkan hati para menggunakan dengan berbagai produk yang tentunya beragam bukan hanya sampoo, mereka juga memasarkan produk kondisioner, hair mask, dan juga Pantene menjadi produk perawatan pertama di Indonesia yang mengeluarkan Pantene Perfec+On, yaitu  kondisioner tanpa bilas. Hal tersebut mendapatkan atensi yang positif masyarakat Indonesia ditambah dengan iklan yang menggaet Maudy Ayunda yang sekaligus menjadi Brand Ambassador produk Pantene Indonesia dan pada saat itu Maudy sedang naik daun.

Iklan yang menarik menjadi salah satu daya tarik setiap perusahaan yang menawarkan produk mereka untuk menarik konsumen mereka, dengan cara yang berbeda-beda. Di era zaman sekarang kita dapat melihat bahwa banyak cara sebuah perusahaan yang mempersuasif calon pembelinya dengan iklan di televisi apalagi di koran, tetapi melalui media sosial seperti contohnya Instagram dan juga Youtube.

Perusahaan yang sudah berdiri sejak 1945 ini juga memiliki strategi pemasaran dengan membangun brand awareness di kalangan masyarakat dengan cara membuat Brand Ambassador untuk mendukung penjualan merek perusahaan tersebut. Pantene sudah menggaet beberapa artis hingga penyanyi diseluruh dunia sebagai perwakilan dari setiap negara, contohnya seperti Raline Shah, Maudy Ayunda, dan Anggun C. Sasmi sebagai Brand Ambassador Pantene Indonesia, kemudian Yuri dan Seohyun personil dari girlband terkenal di Korea Selatan yaitu Girls Generation atau SNSD sebagai perwakilan dari Pantene Korea, Tiongkok, Hong Kong plus Taiwan. Penyanyi genre Pop yaitu Ellie Goulding sebagai perwakilan dari Pantene Inggris. Dan juga Selena Gomez yang menjadi Brand Ambassador Pantene Amerika ditambah dengan bergabungnya Priyanka Chopra yang memiliki darah India sebagai "Duta Shampo" produk perawatan rambut ini.

"Market-driven economies require advertising in order to succeed in merchandising goods and services both domestically and globally. Today, cultural industries, like others, seek marketing and advertising campaigns in order to create consumer awareness and increase sales.

They do this nationally and, increasingly, internationally" (McPhail.2014). McPhail menjelaskan bahwa perusahaan-perusahaan besar yang memperdagangkan barang atau jasa dengan baik. Disinilah peran iklan sangat dibutuhkan, iklan sendiri memiliki peran yang besar dalam membangun konstruksi sosial yang ada dalam masyarakat.

Dengan meningkatkan kesadaran konsumen sekaligus untuk meningkatkan penjualan mereka. Pantene sendiri memiliki tagline Strong is Beautiful atau Kuat itu Cantik, tagline tersebut juga menjadi tema untuk kampanye Pantene dalam menyuarakan bahwa para perempuan adalah individu yang kuat dalam bidangnya masing-masing kemudian juga menyadarkan bahwa kecantikan berasal dari kekuatan dari dalam diri masing-masing.

Menurut saya, Iklan Pantene sudah memberikan gambaran bahwa semua perempuan diseluruh dunia memiliki kecantikan yang unik masing-masing. Siapa sih yang tidak mengenal Ronda Rousey?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x