Mohon tunggu...
M Chozin Amirullah
M Chozin Amirullah Mohon Tunggu... Relawan - Blogger partikelir

Antusias pada perubahan sosial, aktif dalam gerakan mewujudkannya. Menghargai budaya sebagai bunga terindah peradaban. Memandang politik bukan sebagai tujuan namun jalan mewujudkan keadilan sosial. Tak rutin menulis namun menjadikannya sebagai olah spiritual dan katarsis. Selalu terpesona dengan keindahan yang berasal dari dalam. Ketua Gerakan Turuntangan, Mengajak anak muda jangan hanya urun angan tetapi lebih bauk turun tangan. Kenal lebih lanjut di instagram: chozin.id | facebook: fb.com/chozin.id | twitter: chozin_id | Web: www.chozin.id

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Vaksin Asyik ala Jakarta! Penuh Doorprize

25 Oktober 2021   09:48 Diperbarui: 25 Oktober 2021   10:12 139 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
peserta vaksinasi (dokumentasi pribadi)

Kemarin berkunjung lokasi penyelenggaraan vaksinasi di bilangan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Vaksinasi tersebut dimotori oleh Relawan Turuntangan Jakarta dan Relawan Sparta, mereka berkolaborasi dengan kelurahan setempat dan beberapa sponsor corporate. Menariknya, vaksinasi tersebut diselenggarakan malam hari dan nyatanya dihadiri oleh banyak sekali warga yang ingin divaksin.

Menurut saya ide-nya keren memang, vaksinasi dilakukan malam hari di saat warga memang rata-rata sedang di rumah dan senggang dari kesibukan mencari nafkah atau aktivitas harian lainnya. Menurut salah seorang Relawan Sparta yang saya temui, ide penyelenggaraan vaksinasi malam hari ini terinspirasi dari yang dilakukan di Kecamatan Tamansari. Kecamatan tersebut sebelumnya menyelenggarakan vaksinasi malam hari dan ternyata lebih banyak dihadiri oleh warga.

Salain itu, Relawan Turuntangan da Sparta memang kreatif, mereka memberikan insentif kepada warga yang mau divaksin dengan hadiah snack langsung sesaat setelah selesai divaksin dan door prize. Tak tanggung-tanggung, nilain door prize-nya besar: ada motor Yamaha, televisi digital, helmet, sepeda, dan sebagainya. Tentu saja, ini menjadi penarik buat warga, yang tadinya belum bersedia divaksin akhirnya bersedia. Mungkin motivasinya bukan mau divaksin, melainkan punya harapan mendapatkan durian jatuh door prize motor.

“Tak apa-apa, soal motivasi, itu urusan hati mereka, yang penting mereka mau divaksin dan Jakarta bisa terbebas dari virus Covid19,’ demikian komentar salah seorang Relawan Turuntangan Jakarta.

Bagaimana mereka medatangkan door prize tersebut? Rupanya mereka membuat proposal dan melakukan approach kepada beberapa perusahaan. Tentu saja ada kontraprestasi buat perusahaan yang menjadi sponsor acara tersebut. Produsen motor Yamaha adalah salah satu yang paling agresif, mereka yang memberikan door prize motor. Dengan sendirinya eksposure brand-nya juga paling tinggi. Selain itu ada perusahaan makanan Garuda Food yang memberikan oleh-oleh snack kepada setiap peserta, ada provider internet Biznet yang memberikan tenda, dan sebagainya.

Malam itu Relawan Turuntangan dan Sparta menyelenggarakan vaksinasi di tiga lokasi di Kecamatan Cempaka Putih: di RW 11, di RPTRA Matahari, dan satu lagi di salah satu mall di kawasan itu. Semuanya dilakukan malam hari, jika satu lokasi rata-rata dihadiri 300 peserta maka dalam semalam mereka melakukan vaksinasi kepada hampir 1000 warga Jakarta. Fantastis bukan?

Jakarta diuntungkan dengan kehadiran para volunteer yang secara sukarela membantu program-program pemerintah dalam menangani wabah Covid19. Undangan kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dengan jargon the City of Collaboratin disambut gegap-gempita oleh simpul-simpul masyarakat Jakarta. Kini Jakarta sudah memasuki PPKM level 2, satu tahap lagi Jakarta akan dinyatakan 100% bebas Covid19. Kisah sukses Jakarta tak terlepas dari kolaborasi berskala besar yang melibatkan unsur-unsur pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat sipil. []

Baca Juga

Sesat Fikir Soal Vaksin

Lampu UV Anti Virus di Rumah Ibadah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan