Mohon tunggu...
Muhamad Nurcholis
Muhamad Nurcholis Mohon Tunggu... Terus mencari

Menulis untuk belajar

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Membaca Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Semi Final SEA Games 2019

3 Desember 2019   02:01 Diperbarui: 3 Desember 2019   11:37 0 2 0 Mohon Tunggu...
Membaca Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Semi Final SEA Games 2019
Timnas Indonesia | kompas.com

Pergelaran SEA Games 2019 di Filipila tengah berlangsung. Cabor sepak bola masih memainkan laga di fase grup. Dua grup akan menyeleksi tim-tim mana yang berhak lolos ke semi final.

Myanmar Menjadi Tim Pertama yang Masuk Semi Final

Sampe saat ini, baru ada satu tim yang sudah pasti mendapat tiket untuk ke semi final. Myanmar yang berada di grup A memastikan lolos sebagai juara grup setelah sore tadi berhasil mengalahkan Kamboja dengan skor 2-1. 

Grup A sendiri masih menyisakan satu tiket untuk tim yang dapat menempati posisi 2 di grup. Filipina, Malaysia dan Kamboja masih punya peluang lolos ke semifinal sebagai runner up karena poin mereka saat ini sama, 4.

Persaingan di Grup B

Sedangkan di grup B, belum ada tim mana yang dapat dipastikan lolos ke semi final. Hanya ada satu tim yang telah pasti gugur dalam memperebutkan dua tiket tersebut, yaitu Brunei. Sedangkan tiga tim punya peluang besar untuk lolos yaitu Vietnam, Thailand dan Indonesia. 

Vietnam yang paling punya peluang besar untuk lolos karena dalam klasemen sekarang masih berada di posisi pertama dengan 9 poin. Thailand dan Indonesia berada di bawahnya dengan poin sama, 6.  

Sebenarnya peluang Indonesia untuk lolos lebih besar dibanding Thailand. Karena dua lawan Indonesia berikutnya terbilang lebih mudah dihadapi ketimbang dua lawan Thailand.

Indonesia akan menghadapi Brunei dan Laos, sedangkan Thailand akan menghadapi Laos dan Vietnam.  Vietnam sendiri dua laga akhir akan berhadapan dengan Singapura dan Thailand.

Peluang Indonesia untuk Lolos Juga Tergantung Laga Vietnam dan Thailand

Kalau dua pertandingam sisa Vietnam menang, akan lebih mudah bagi Indonesia lolos sebagai runner up grup, karena poin maksimal Thailand hanya 9. Jika Indonesia menang dua laga sisa, poin total 12.

Jika Vietnam dan Thailand bermain seri, maksimal mereka dapat 4 poin tambahan. Jika Indonesia juga dapat poin maksimal, klasemen akhirnya; Vietnam poin 13, Indonesia poin 12, Thailand poin 10. Indonesia lolos sebagai runner up.

Tapi jika Vietnam kalah lawan Thailand, peluang Indonesia akan lebih susah. Poin maksimal Indonesia, Vietnam & Thailand sama, 12.

Kalau pake selisih gol untuk menentukan klasemen, dalam hasil sampe saat ini Vietnam & Thailand memiliki agregat gol yang lebih baik dari Indonesia. Maka Indonesia harus menang besar di dua pertandingan sisa.

Lawan Brunei mungkin mudah, tapi Laos? Jangan anggap enteng. Mereka sekarang udah lebih jago main bola.

VIDEO PILIHAN