Mohon tunggu...
Muhamad Nurcholis
Muhamad Nurcholis Mohon Tunggu... Terus mencari

Menulis untuk belajar

Selanjutnya

Tutup

Politik Artikel Utama

Mencari "Nilai" atas Realitas Politik Hari Ini

2 Desember 2019   18:25 Diperbarui: 4 Desember 2019   13:20 0 2 0 Mohon Tunggu...
Mencari "Nilai" atas Realitas Politik Hari Ini
populis-5de69158d541df10745df772.jpg

Sangat susah membayangkan kita sebagai manusia untuk tidak hidup di lingkungan masyarakat. Minimal sekadar saling menyapa antar sesamanya sebagai tanda bahwa kita pernah ada. 

Jika diluaskan, di tempat manapun kita melihat sudah begitu banyak individu atau kelompok menjalani aktivitasnya untuk menjalankan kelangsungan hidupnya.

Apa jadinya jika dalam kelangsungan tersebut terdapat tindakan atau berbagai keputusan yang kiranya akan menjadikan ketidakseimbangan hidup? Apakah ada cara lain selain diberlakukannya lembaga yang dimusyawarahkan bersama untuk menjaga kepentingan bersama?

Pentingnya Peran Warga Dewasa

Tidak ada alasan bagi orang yang paling desa pun untuk menolak dan bersembunyi dari sistem yang sudah teratur ini. 

Di dalam sistem ini, beberapa orang dipilih oleh pihak yang berwenang untuk kemudian diserahkan kepada rakyat yang berhak menentukan siapa yang pantas mewakili mereka untuk mengelola berbagai aspek di wilayahnya. Sebut saja proses Pemilu.

Dalam sistem yang biasa disebut politik ini, sebaiknya mereka yang sudah matang usianya atau senior dalam hal ini, setidaknya bisa memberikan pemahaman kepada kaum muda betapa sangat menghawatirkan jika para penerus sistem ini tidak mengerti sama sekali atau bahkan membutakan mata dan menutup telinga. 

Karena  memang sudah semakin banyak kaum muda yang justru menghindar untuk bersentuhan dengan sistem politik.
Ada beberapa sebabnya:

Pertama karena mereka memang sama sekali tidak mengerti sistem politik ini, tujuan dan apa manfaatnya untuk masyarakat pada umumnya.

Kedua, para 'orang tua' yang telah berada di dalam kepengurusan sudah beberapa kali tidak menjalankan apa yang harus dikerjakan secara semestinya. Kemudian peristiwa ini begitu dipopulerkan hingga mengalahkan pengertian sebenarnya bahwa politik itu tujuannya baik.

lustrasi aktifitas masyarakat, sumber: ayomadrasah.web.id
lustrasi aktifitas masyarakat, sumber: ayomadrasah.web.id
Yang Viral Belum Tentu Benar

Jika masih ada sebuah penilaian bahwa kesimpulan dari suatu peristiwa  itu berdasarkan apa yang sedang viral atau populer, hal ini bisa menjadi jalan berbagai pihak untuk memanipulasi segala berita dan kebenaran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x