Mohon tunggu...
Reinhard Hutabarat
Reinhard Hutabarat Mohon Tunggu... Penikmat kata dan rasa...

Seorang penulis amatir yang menyukai semua genre tulisan

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Max Verstappen Menangi Wet Race GP Jerman 2019

29 Juli 2019   16:35 Diperbarui: 29 Juli 2019   16:47 0 13 3 Mohon Tunggu...
Max Verstappen Menangi Wet Race GP Jerman 2019
Balapan wet race di Hockenheim 2019, sumber : ANTARA News Yogyakarta - Antaranews.com

Pebalap tim Red Bull, Max Verstappen berhasil merebut kemenangan pada balapan GP Jerman yang berlangsung kacau dalam suasana hujan yang membasahi arena balapan di Sirkuit Hockenheim, Jerman pada hari Minggu 28 Juli 2019 kemarin.

Verstappen yang memulai balapan dari posisi 2 di belakang Hamilton, berhasil menjadi yang tercepat pada balapan F1 seri ke-11 itu. Ini merupakan kemenangan ke-2 bagi Verstappen pada musim ini, sekaligus juga menjadikannya sebagai satu-satunya pebalap yang bisa merusak dominasi dua pebalap Mercedes sepanjang musim ini.

Dua pebalap Mercedes yang menempati grid satu dan tiga justru mengalami nasib tragis pada balapan yang berlangsung di kandang mereka sendiri ini. Setelah sempat bolak-balik masuk pit, Hamilton akhirnya hanya bisa finish di posisi 11. Malang bagi Bottas yang berusaha mengejar Lance Stroll. Mobilnya melintir dan kemudian menghantam dinding pembatas. Bottas pun out dari balapan.

Kalau ada yang berduka tentu ada pula yang bersuka. Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel kali ini bernasib moedjoer. "Untung dapat diraih, malang dapat pula ditolaknya" Memulai balapan dari posisi paling belakang (karena kerusakan turbo mesin) tapi ia kemudian berhasil meraih gelar juara dua! Tak ada lagi yang bisa dikatakannya seusai balapan selain tertawa terkekeh-kekeh...

Nasib sial justru dialami rekan setimnya sesama pebalap Ferrari, Charles Leclerc. Leclerc yang sedang mengejar Hamilton mengalami musibah karena mobilnya melintir di T (tikungan) 15 yang merupakan area runoff (limpasan air hujan)  Tak ayal mobil Leclerc menghantam dinding pembatas lalu terjebak di gravel.

Max Verstappen, sumber : Tempo Foto - Tempo.co
Max Verstappen, sumber : Tempo Foto - Tempo.co

Jalannya balapan.

Hamilton langsung tancap gas dari pole begitu balapan dimulai. Verstappen yang start-nya tidak  mulus, langsung anjlok ke posisi empat setelah disalip Bottas dan Kimi Raikkonen. Kondisi sirkuit yang licin, memaksa semua pebalap harus berjibaku untuk mengendalikan laju mobil mereka. Tak berapa lama kemudian, Verstappen berhasil kembali menyalip Kimi untuk mengamankan posisi tiga.

Pada lap ketiga, mobil pebalap Racing Point, Sergio Perez melintir selepas T-10 dan kemudian menghantam dinding pembatas. Bendera kuning kemudian berkibar pertanda SC (Safety Car) masuk lintasan. Sebagian pebalap memilih tetap di lintasan, dan sebagian lagi memilih masuk pit untuk mengganti ban ke kompon intermediate.

Selepas restart dan mobil SC keluar dari lintasan, Hamilton masih memimpin balapan. Strategi mengganti ban ke intermediate ternyata manjur. Sementara bagi pebalap yang tadinya tetap di lintasan, mereka justru harus berjuang keras untuk mengendalikan mobilnya pada lintasan yang licin. Dengan cepatnya posisi mereka turun karena disalip pebalap yang memakai ban intermediate.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x