Mohon tunggu...
Reinhard Hutabarat
Reinhard Hutabarat Mohon Tunggu... Penikmat kata dan rasa...

Seorang penulis amatir yang menyukai semua genre tulisan

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Lewis Hamilton Taklukan Silverstone untuk Keenam Kalinya

16 Juli 2019   17:13 Diperbarui: 16 Juli 2019   17:26 0 8 0 Mohon Tunggu...
Lewis Hamilton Taklukan Silverstone untuk Keenam Kalinya
Lewis Hamilton berjaya di Silverstone, sumber: Bola.net

Pebalap tim Mercedes, Lewis Hamilton berhasil merebut kemenangan pada balapan GP Inggris yang berlangsung di Sirkuit Silverstone pada hari Minggu 14 Juli 2018 kemarin. Hamilton yang memulai balapan dari posisi 2 di belakang rekan setimnya, Valtteri Bottas, berhasil menjadi yang tercepat pada balapan F1 seri ke-10 itu. Ini merupakan kemenangan ke-6 bagi Hamilton di Silverstone, yang sekaligus juga mencatat sejarah sebagai pebalap dengan kemenangan terbanyak di Silverstone.

Pebalap Mercedes yang juga pemegang pole, Valtteri Bottas finish di posisi kedua terpaut jauh di depan pebalap Ferrari, Charles Leclerc. Sebelumnya di awal-awal balapan, Bottas dan Hamilton bertarung sengit untuk memperebutkan tampuk pimpinan lomba. Hasil ini menjadikan duet Mercedes ini berhasil merebut posisi 1-2 untuk yang ke tujuh kalinya sepanjang tahun ini. Sungguh fantastis!

Akan halnya pebalap Ferrari lainnya, yang juga pemegang empat rekor juara dunia F1, Sebastian Vettel kembali melakukan tindakan bodoh ketika dia menyundul mobil Max Verstappen di sebuah tikungan. Tak ayal pebalap sembrono itu kemudian diganjar hukuman penalti 10 detik, dan tidak mendapat nilai. Sebelum insiden tersebut, kedua pebalap ini bertarung sengit sepanjang balapan untuk merebut podium tiga.

Ditengah surutnya animo masyarakat untuk menonton F1 yang cenderung membosankan, GP Silverstone kali ini menawarkan sesuatu yang berbeda. Pelapisan ulang aspal sirkuit tampaknya membuat grip ban mobil mencengkeram lebih baik. Ketika lampu hijau pertanda balapan dimulai menyala, persaingan seru diantara sesama pebalap pun langsung dimulai!

Jalannya balapan
Duet Mercedes Bottas dan Hamilton memimpin grid terdepan diikuti oleh Leclerck dan Verstappen. Gasly dan Vettel menyusul di grid ketiga. Di grid empat ada Ricciardo dan rookie Lando Norris. Rookie lainnya Alex Albon dan Hulkenberg berada di grid lima untuk melengkapi 10 pebalap terdepan.

Selepas start, drama seru kemudian terjadi. Bottas bergerak cepat dengan menutup racing-line. Hamilton sudah mengantisipasinya dengan bergerak ke sisi lainnya untuk menekan Bottas, akan tetapi Bottas masih tetap memimpin balapan. Pada Lap ke-4, di tikungan Luffield Hamilton dengan bantuan DRS berhasil menyalip Bottas. Akan tetapi Bottas tidak mau menyerah dan langsung menyalip Hamilton kembali di tikungan Copse.

Di belakang mereka pertarungan tak kalah sengitnya juga terjadi yang melibatkan duo pebalap Ferrari dan Red Bull. Leclerc berjibaku menahan serbuan Verstappen, sedangkan Gasly terus menekan Vettel untuk mengejar posisi 5. Di belakang mereka, Norris baru saja berhasil melewati Ricciardo, dan kini berusaha mengejar Gasly.

Nasib malang kemudian menimpa duo pebalap Haas. Kevin Magnussen dan Romain Grosjean terlibat adu kontak selepas lekukan kecil menjelang straight Wellington. Ban belakang dari kedua mobil Haas tersebut kemudian pecah. Selang beberapa lap kemudian, kedua pebalap itu terpaksa megakhiri balapan.

Duel seru diantara Ferrari dan Red Bull terus terjadi. Verstappen beberapa kali mencoba menyalip Leclerc tetapi gagal karena Leclerc berjuang sekuat tenaga mempertahankan posisinya. Sementara itu rekan setimnya, Pierre Gasly justru berhasil menyalip Vettel pada lap ke-12.

Drama seru kemudian terjadi ketika Leclerc dan Verstappen masuk pit. Leclerc masuk lebih dahulu, disusul oleh Verstappen. Namun pekerjaan crew Redbull lebih cepat sehingga kedua pebalap keluar bersisian di jalur keluar pit yang sempit. Semua penonton kini menahan nafas. Apalagi pada GP Austria minggu lalu, kedua pebalap muda usia ini terlibat "bentrok" jelang akhir balapan.

Tak lama kemudian speed limiter untuk menahan kecepatan mobil di jalur pit dimatikan. Ternyata Verstappen kemudian berada seperseratus detik di depan Leclerc. Crew-pit Redbull langsung bersorak kegirangan. Beberapa detik kemudian, Verstappen melakukan kesalahan dan melebar di sebuah tikungan. Leclerc langsung memanfaatkannya untuk memimpin seperseratus detik di depan Verstappen! Kini crew-pit Ferrari yang bersorak kegirangan...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x