Mohon tunggu...
Choiriyatul Machsunah
Choiriyatul Machsunah Mohon Tunggu... Lainnya - .

.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mari Berbincang tentang Analis Kesehatan

24 November 2020   13:52 Diperbarui: 24 November 2020   15:02 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Hai sobat online!

Hari ini saya akan membagikan informasi tentang program studi yang saya ambil yaitu Analis Kesehatan. Mungkin sobat sobat disini masih bertanya tanya apasih Prodi Analis Kesehatan itu?. Oke saya akan menjelaskan secara singkat tentang Analis Kesehatan. Jadi,  Analis Kesehatan adalah sebuah program studi yang mempelajari tentang bagaimana cara menjadi seorang tenaga kesehatan dan ilmuwan berketerampilan tinggi yang akan berkecimpung di sarana kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan, pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan bukan berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor-faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan masyarakat.  Analis Kesehatan sering juga di sebut dengan Tenaga Laboratorium Medik. 

Didalam program studi analis Kesehatan ini akan mempelajari tentang Biologi Medik, Kimia Analitik, Media dan Reagensia, Histologi, Patofisiologi dan masih banyak lagi tentunya. Program studi Analis Kesehatan merupakan salah satu Program Studi yang kurang dikenal oleh masyarakat. sebagian besar orang menganggap seorang Analis Kesehatan sebagai Dokter, Perawat,dan Bidan. Hal itu dikarenakan seorang Analis Kesehatan selalu bekerja di balik layar sehingga sebagian masyarakat tidak mengetahui apa itu Analis Kesehatan. Seorang Analis Kesehatan setiap harinya berada di Laboratorium,entah di Laboratorium klinik, Laboratorium rumahsakit, bahkan Perusahaan. Seorang Analis Kesehatan kesehariannya berteman dengan Erlenmeyer, Gelas Ukur, Pipet tetes, Bunsen, Mikroskop, dan lain lain. 

Dalam Pandemi COVID 19 seperti ini, Analis Kesehatan menjadi garda terdepan. tugas Analis Kesehatan dalam pandemi COVID 19 sangat meningkat, yaitu untuk menguji orang orang tersebut terpapar COVID atau tidak. mengapa dinamakan garda terdepan? karena seorang Analis Kesehatan langsung berhubungan dengan cairan tubuh misalnya Darah, Feses, Urine, Sputum dan cairan otak. sehingga seorang Analis Kesehatan sangat rentan terkena virus.  sehingga dalam menganalisa sampel harus memekai APD dan harus benar benar tertutup sehingga virus yang akan masuk terhalang Alat Pelindung tersebut. Dalam COVID ini seorang Analis Kesehatan dibutuhkan untuk melakukan rapid test dan swab.

Sobat disini pasti bertanya tanya kan alasan saya masuk ke program studi Analis Kesehatan apa?

Alasan saya memilih program studi ini karena saya sangat suka hal yang berhubungan dengan kesehatan, dan selain itu, ketika saya SMA saya mengikuti organisasi PMR dan disitu saya mulai mengetahui passion saya, dan ingin mengetahui hal yang berhubungan dengan  kesehatan lebih jauh lagi, dan akhirnya saya memilih program studi Analis Kesehatan karena menurut saya prodi ini sangat menarik dan peluang kerjanya sangat luas.

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang Program Studi Analis Kesehatan, kurang lebihnya mohon di maaf-kan.

Sampai jumpa sobat Onlineku!

Nama           : Choiriyatul Machsunah

NIM               : 2240020010

Prodi             : D-4 Analis Kesehatan

Universitas : Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun