Mohon tunggu...
Chizuru
Chizuru Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hanya mahasiswa biasa

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Cara Menyelesaikan Pekerjaan 8 Jam dalam 4 Jam

1 Desember 2023   05:58 Diperbarui: 1 Desember 2023   06:05 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
www.istockphoto.com

Dalam dunia yang serba cepat seperti sekarang ini, kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat menjadi kunci untuk tetap bersaing dan efektif. Serta mempertahankan fokus saat mengerjakan pekerjaan adalah kunci untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil kerja. Namun, bagaimana caranya agar dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat tanpa mengorbankan kualitas?

Dikutip dari akun Instagram @productivityboi, berikut ini adalah tips dan trik untuk menyelesaiakn pekerjaan 8 jam dalam 4 jam.

  • 1. Kerja di luar rumah

Mengerjakan tugas di luar rumah dapat memberikan motivasi tambahan. Lingkungan baru dan suasana yang berbeda dapat memicu rasa semangat dan kreativitas dalam mengerjakan pekerjaan. Selain itu, melihat orang lain yang sedang bekerja juga dapat memberikan inspirasi dan motivasi untuk tetap fokus.

Mengubah lingkungan kerja dapat membantu menyegarkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi. Dengan bekerja di luar rumah, Anda dapat mencari tempat yang nyaman dan tenang, seperti perpustakaan, kafe, atau ruang kerja bersama, yang dapat membantu meningkatkan fokus dan produktivitas.

  • 2. Menggunakan Teknik 1 titik

Melakukan teknik 1 titik dengan melihat satu titik di tengah layar dan fokus ke titik tersebut selama 1 menit dapat memberikan hasil yang luar biasa. Dalam praktiknya, teknik ini dapat merangsang pelepasan noradrenalin dalam tubuh kita. Noradrenalin adalah senyawa kimia yang berperan penting dalam meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Dengan melihat satu titik dan memusatkan perhatian selama 1 menit, kita dapat mengalami peningkatan fokus hingga 300%. Teknik ini membantu mengarahkan pikiran kita hanya pada satu titik, mengurangi gangguan atau distraksi yang biasanya menghalangi produktivitas kita.

Dengan mengimplementasikan teknik 1 titik ini secara rutin, kita dapat meningkatkan kemampuan fokus dan konsentrasi kita secara signifikan. Hal ini akan sangat berguna dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam mengerjakan tugas-tugas sehari-hari. Jadi, jangan ragu untuk mencoba teknik ini dan rasakan manfaatnya dalam meningkatkan fokus dan mengurangi distraksi.

  • 3. Dengan metode 2 jam

Metode mengerjakan selama 2 jam dengan pola 50 menit fokus dan 10 menit istirahat telah terbukti efektif untuk meningkatkan produktivitas. Dalam metode ini, kita akan fokus pada pekerjaan selama 50 menit tanpa gangguan dan kemudian memberikan diri kita sendiri waktu istirahat selama 10 menit untuk merefresh pikiran dan menghindari kelelahan.

Dengan membagi waktu pekerjaan menjadi sesi fokus dan istirahat yang teratur, kita dapat menjaga tingkat energi dan konsentrasi yang optimal. Selama 50 menit fokus, kita dapat bekerja dengan intensitas tinggi dan benar-benar terlibat dalam tugas yang sedang kita kerjakan. Setelah itu, waktu istirahat 10 menit memberikan kesempatan untuk meregangkan tubuh, menghirup udara segar, atau bahkan melakukan latihan pernapasan yang dapat membantu mengembalikan konsentrasi kita.

Metode ini membantu menghindari kejenuhan dan kelelahan yang dapat menghambat produktivitas. Dengan memberikan waktu istirahat yang cukup, kita dapat mengisi ulang energi, mengurangi stres, dan mempertahankan fokus yang optimal selama periode kerja berikutnya.

  • 4. Masuk Flow Zone

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun