Mohon tunggu...
Chika AmelfiaPutri
Chika AmelfiaPutri Mohon Tunggu... masiswa

talk less do more

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Kinerja Apik Puskesmas Tanjungsari untuk Masyarakat

6 Maret 2019   10:08 Diperbarui: 6 Maret 2019   10:27 0 0 0 Mohon Tunggu...
Kinerja Apik Puskesmas Tanjungsari untuk Masyarakat
Puskesmas Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Dokpri)

Tanjungsari, (09/03/2019) Kesehatan di lingkungan masyarakat sangat penting untuk diperhatikan. Kesehatan masyarakat sangat dipengaruhi oleh lingkungan yang bersih, lingkungan yang tidak bersih dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit. 

Begitu juga yang dilakukan oleh Puskesmas Tanjungsari untuk mayarakat sekitar. Pihak puskesmas sering melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan supaya tidak mengundang banyak penyakit yang berdampak buruk bagi kesehana masyarakat.

Dengan adanya sosialisasi yang sering dilaukan oleh pihak puskesmas yang menjalin kerjasama dengan Camat, Kepala Desa, RT, RW dan juga masyarakat sekitar, Angka Harapan Hidup (AHH) masyarakat daerah Tanjungsari meningkat dari tahun sebelumnya yakni mencapai angka 68,2%. Hal ini bisa dilihat dari indikator-indikator seperti persalinan dibantu oleh bidan, lingkungan rumah warga yang bersih.

Puskesmas Tanjungsari adalah satu-satunya puskesmas yang ada di Kecamatan Tanjungsari, pihak puskesmas selalu tanggap dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat "Kita melihat apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, fungsinya untuk perencanaan puskesmas, jadi apabila masyarakat membutuhkan sesuatu itu yang kami rencanakan harus kami anggarkan supaya kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi. 

Kegiatan puskesmas sendiri yang sering dilakukan itu posyandu yang menjadi kegiatan rutin yang sering dilakukan puskesmas, sosialisasi, penyuluhan, turun lapangan dan memang fungsi dari puskesmas kan promotif dan preventif," ujar Adi kepala Puskesmas Tanjungsari (04/03/2019).

Puskesmas Tanjungsari termasuk puskesmas yang memiliki kelengkapan sarana yang sesuai dan memadai seperti pengobatan umum, pengbatan gigi, KIA ( Kesehatan Ibu dan Anak), KB (Keluarga Berencana), laboratorium, pengobatan TB dan kusta, persalinan, Khitan/sunat, konseling gizi, pelayanan surat kesehatan, imunisasi, USG, UGD, serta rawat inap tersedia di Puskesmas Tanjungsari.

Dua unit ambulans juga disediakan 24 jam untuk masyarakat. Selain itu ditunjang juga dengan para medis yang didatangkan dari Dinas kesehatan setempat. Dokter yang ada disana yakni Dokter Umum 3 orang, Dokter Gigi 1 orang dan perawat ada 11 orang.  

Dokter dan tenaga medis tersebut telah terpercaya kinerja serta pendidikannya. Obat-obatan yang tersedia di Puskesmas Tanjungsari juga telah terjamin keamanannya karena obat-obatan tersebut diambil langsung ke Dinas Kesehatan dan juga menerima bantuan dari BPJS.

Akhir-akhir ini ditemukan beberapa warga yang terjangkit demam derdarah. Demam berdarah merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang perlu perhatian serius. 

Penyakit ini ditandai dengan panas mendadak yang dapat mencapai 38 -- 40 oC, selain itu juga ditandai dengan adanya bintik-bintik merah akibat pecahnya pembuluh darah. Jika dilakukan pemeriksaan darah, didapatkan penurunan trombosit yang cukup signifikan. 

Demam berdarah disebabkan oleh virus dangue yang ditularkan melalui nyamuk Aedes Aegypty. Dengan demikian, demam berdarah dapat dicegah dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x