Mohon tunggu...
Frichicilia Grace Stahlumb
Frichicilia Grace Stahlumb Mohon Tunggu... No Sound Without Silence =)

We don't live our lives hoping to be understand by others. We just do our best to make the right choice. Catch me on: instagram: chicigrace || twitter: @chicigrace || email: chiciracetia@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Program Keluarga Harapan: Secercah Harapan Menuju Indonesia Sejahtera

2 Maret 2019   21:40 Diperbarui: 2 Maret 2019   21:58 1114 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Program Keluarga Harapan: Secercah Harapan Menuju Indonesia Sejahtera
sumber: toppicture.icu

Sejak saya duduk di bangku Sekolah Dasar, saya selalu ingat ketika pelajaran IPS guru saya membahas mengenai negara Indonesia. Beliau menjelaskan bahwa Indonesia adalah negara besar tetapi kenapa masih disebut sebagai negara berkembang? Salah satu penyebabnya adalah kesejahteraan sosial yang masih rendah.

Memang pada saat itu saya akui masalah kesejahteraan sosial di Indonesia merupakan hal yang harus segera diselesaikan oleh pemerintah, terlebih pemerataan penduduk Indonesia yang masih belum merata. Untuk mengatasi hal tersebut tidaklah singkat, butuh proses, usaha, dan kerja keras yang kenyataannya tidak semudah kita membalikkan telapak tangan.

Ada berbagai macam program yang dicanangkan pemerintah agar masyarakat bisa memulai menata kehidupannya lebih baik. Di tahun 2007 pemerintah melalui Kementerian Sosial mengeluarkan sebuah 'harapan' baru untuk masyarakat Indonesia yang diberi nama Program Keluarga Harapan (PKH) dan sedikit demi sedikit hasil dari program PKH ini mulai menunjukkan hasil positif bahkan sudah banyak masyarakat kita dapat hidup mandiri dan layak dari PKH ini, dan tidak terasa sudah 12 tahun PKH hadir sebagai 'kail' masyarakat Indonesia untuk memulai hidup sejahtera.

Mungkin ada beberapa pembaca yang baru mendengar istilah PKH dan masi merasa asing. Apa sih PKH itu? Kok saya baru tau pemerintah punya ide PKH yaah? Apakah PKH sudah membuat masyarakat sejahtera? Biar para teman-teman pembaca tidak bingung, yuk kita bahas lebih lanjut program ini!

Sekilas Tentang Program Keluarga Harapan

Nah, buat yang masih awam tentang Program Keluarga Harapan saya akan memberi penjelasan singkat yang datanya saya kutip dari website Kementerian Sosial.

Program Keluarga Harapan (PKH) itu apa sih?

Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

PKH sendiri dimulai pada tahun 2007 dengan harapan PKH dapat mengurangi angka dan memutus rantai kemiskinan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta mengubah perilaku yang kurang mendukung peningkatan kesejahteraan dari kelompok paling miskin. Dalam jangka pendek program ini bertujuan mengurangi beban RTSM (Rumah Tangga Sangat Miskin) dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar-generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan.

Di dunia internasional Program Perlindungan Sosial seperti PKH dikenal dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT) dan terbukti cukup berhasil dalam menanggulangi kemiskinan yang dihadapi negara-negara tersebut, terutama masalah kemiskinan kronis.

Sekarang, kita sudah tahu pengertian dan alasan adanya PKH. Lalu, siapa sih yang berhak menerima bantuan Program Keluarga Harapan ini?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x