Mohon tunggu...
Chiavieth Annisa
Chiavieth Annisa Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis

https://play.google.com/store/apps/details?id=Blogger+&referrer=utm_source%3DGeogle%2B%26utm_medium%3DEmail%26utm_term%3DKepenulisan%2B%26utm_content%3DInfo%2Bmenulis%26utm_campaign%3DInfo%2Bkepenulisan%2B%26anid%3DadmobU

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Penulis Itu Profesi atau Hobi?

5 Januari 2024   09:11 Diperbarui: 5 Januari 2024   09:16 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

 Pertanyaan ini sering kali muncul di benak banyak orang. Ada yang berpendapat bahwa menulis adalah sebuah profesi yang dapat menghasilkan penghasilan, sementara ada juga yang melihatnya sebagai sebuah hobi yang dilakukan dengan kesenangan semata. Dalam artikel ini, kita akan membahas kedua sudut pandang ini dan mencoba mencari jawaban yang tepat.

 

Pada satu sisi, menulis dapat dianggap sebagai sebuah profesi. Sebagai seorang penulis profesional, seseorang dapat menghasilkan karya-karya yang dapat dipublikasikan dan dijual. Mereka dapat bekerja sebagai penulis lepas, penulis buku, atau bahkan penulis skenario. Dalam profesi ini, menulis bukan hanya sekadar hobi, tetapi juga menjadi sumber penghasilan yang signifikan. Seorang penulis profesional harus memiliki keterampilan menulis yang baik, pengetahuan yang luas, dan kemampuan untuk menghasilkan karya yang menarik dan berkualitas.

 

Namun, di sisi lain, banyak orang yang melihat menulis sebagai sebuah hobi. Menulis sebagai hobi memberikan kebebasan dan kesenangan tanpa tekanan untuk menghasilkan karya yang dijual. Banyak orang menulis sebagai bentuk ekspresi diri, sebagai cara untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan mereka. Menulis sebagai hobi juga dapat menjadi sarana untuk mengisi waktu luang dan mengembangkan kreativitas. Meskipun tidak menghasilkan penghasilan yang signifikan, menulis sebagai hobi dapat memberikan kepuasan dan kebahagiaan yang tak ternilai.

Jadi, apakah menulis itu profesi atau hobi? Jawabannya sebenarnya tergantung pada sudut pandang dan tujuan seseorang. Bagi mereka yang ingin menghasilkan penghasilan dari menulis, maka menulis dapat dianggap sebagai sebuah profesi. Namun, bagi mereka yang menulis dengan tujuan mengungkapkan diri dan mengekspresikan kreativitas, maka menulis adalah sebuah hobi yang berharga.

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun