Mohon tunggu...
Chendi Maulana Baharudin Yusup
Chendi Maulana Baharudin Yusup Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas Pendidikan Indonesia

Saya memiliki hoby dalam olahraga, selain olahraga hal yang sangat saya senangi dengan olahraga juga bisa membuat tubuh kita menjadi sehat.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengimplementasikan Pembelajaran Selama Perkuliahan dalam Program (MBKM Prodi) #Part 1

29 Mei 2023   12:22 Diperbarui: 29 Mei 2023   12:56 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebelumnya izin memperkenalkan diri saya seorang mahasiswa dari kampus UPI Cibiru, semester 6. Dalam media ini saya ingin membagikan cerita juga sekaligus menjadi laporan saya dalam mengerjakaran Program MBKM Prodi. 

Menjadi seorang guru adalah pekerjaan yang mulia, seorang guru tentunya memiliki peranan yang sangat penting untuk sebuah kemajuan bangsa. Disini saya mau berbagi tentang perjalanan hidup saya sebagai mahasiswa yang berkesempatan mendapatkan pengetahuan dari luar kampus, yaitu kesempatan mempraktikan pengetahuan selama saya dapatkan didalam kampus yang bisa saya realisasikan dilapangan. Program MBKM dari Program Studi (PRODI) PGSD kampus UPI Cibiru menjadi hal pertama yang memberikan pembelajaran hidup bagi saya untuk menjadi seorang guru. 

Program ini mirip dengan program kampus mengajar (KAMJAR) dari kemendikbud, yang membedakkannya ialah terletak pada pengelolaan yang tentunya dikelola oleh pihak kampus itu sendiri. 

Program MBKM ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa mengabdi dan mendapatkan pembelajaran didalam lapangan, hal ini menjadi trobosan yang sangat bagus untuk bisa memberikan pengalaman kepada mahasiswa supaya bisa mengetahui bagaimana keberlangsungan pembelajaran di sekolah secara langsung. Program MBKM ini sendiri menjalin kerjasama antara pihak sekolah dan juga pihak kampus, hal ini menjadi sebuah hal positif untuk kedepannya terus menjalin silaturahmi antara pihak sekolah dan juga pihak kampus. 

Dalam program MBKM ini saya memilih SDN 124 Hanura Kota Bandung, tentunya hal pertama yang harus saya lakukan adalah menjalin kerjasama dengan pihak sekolah untuk bisa melaksanakan program MBKM ini, berikut saya memiliki dokumentasi kerjasama antara pihak sekolah dan pihak kampus.

Gambar tersebut ialah dokumentasi  kerjasama penandatanganan MOU dari pihak kampus dan juga sekolah, dari pihak kampus diwakili oleh DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) dan dari pihak sekolah diwakili kepala sekolah SDN 124 Hanura Kota Bandung. Dalam menjalakan program ini tentunya selain mengajar ada juga program yang saya bawakan dalam proses pembelajaran nantinya didalam kelas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun