Mohon tunggu...
Sirilus
Sirilus Mohon Tunggu... Guru - pencinta budaya terutama budaya Manggarai dan filsafat. Juga ingin studi antropologi.

Saya ingin mengajak kaum muda untuk melestarikan budaya kita. Ini adalah harta kekayaan kita yang berharga. Saya juga peduli dengan peristiwa yang terjadi di masyarakat. Untuk itu subscribe chanel youtube saya :motivasi hidup . Chanel ini berisi musikalisasi puisi dan video mengenai budaya dan daerah wisata.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tiga Kiat Mahasiswa Mulai Kuliah Daring Kembali

3 Januari 2021   15:07 Diperbarui: 3 Januari 2021   15:17 222
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Semester baru akan mulai lagi, proses perkuliahan akan siap berlangsung. Mahasiswa akan kembali belajar secara daring. Kembali belajar secara daring tidak menjadi persoalan lagi bagi mahasiswa. Sudah hampir dua semester belajar secara daring mahasiswa sudah menjadi terbiasa.

Mahasiswapun dapat menemukan metode belajarnya di semester yang baru karena sudah terbiasa dengan kuliah daring. Mahasiswa perlu memperhatikan tips belajar yang tepat untuk dirinya disaat kuliah daring.

Semester baru ini mahasiswa akan kembali belajar secara daring. Dalam kuliah daring mahasiswa perlu memperhatikan tiga hal ini:

Pertama, mandiri dalam belajar. Mahasiswa dalam kuliah daring ini harus melatih diri untuk mandiri. Mahasiswa harus membiasakan diri membaca dan mencari tahu mengenai materi-materi itu di buku-buku lain. Mahasiswa harus berusaha mengikuti kuliah tepat waktu. Dengan tidak membuat alasan yang tidak tepat terkait keterlambatan dalam mengikuti kuliah.

Kedua, pulsa data harus tetap stabil. Dalam kembali belajar secara daring, yang menjadi perhatiannya adalah pulsa data. Mahasiswa harus memiliki pulsa data agar dapat menjalankan perkuliahan. Pulsa data sebagai alat transportasi bagi mahasiswa agar dapat belajar. Mahasiswa bergantung sepenuhnya pada pulsa data ini. Apabila pulsa data tidak ada, tidak dapat belajar.

Ketiga, rajin membuka gmail dan diskusi. Dalam kembali belajar secara daring, mahasiswa harus rajin untuk mengecek informasi di gmail. Dosen biasanya menginformasikan proses perkuliahan di gmail. Juga mahasiswa harus sering berdiskusi dengan teman-temannya. Terkait tugas kampus dan materi-materi yang diajarkan oleh dosen.

Mengapa ketiga hal sederhana ini penting dalam kembali belajar secara daring. Tiga kiat mahasiswa ini penting karena belajar dari pengalaman. Selama menjalankan proses perkuliahan daring selama hampir sua semester, ada teman mahasiswa yang terlambat mengirimkan tugas. Ada juga yang tidak mengirimkan tugas. Alasannya tidak membuka gmail. Tidak mengecek pemberitahuan di gmail dari dosen.

Belajar mandiri dalam kuliah daring untuk mendidik mahasiswa itu sendiri. Selama dua semester yang telah berlalu saya secara pribadi kadang lalai dalam belajar. Saya sering kali mengikuti kuliah dengan juga mendengarkan musik. Dalam hati saya mengatakan yang terpenting microfon sudah dimatikan. Dosen tidak mendengarkan musiknya.

Terkadang juga saya saat dosen lagi mengajar saya masih ngobrol dengan teman. Akibatnya, saya tidak memahami materi-materi yang diajarkan oleh dosen. Saya juga tidak dengan bahwa ternyata diakhir perkuliahan dosen memberikan tugas. Saya pun tidak mengirimkan tugas jadinya.

Diskusi itu penting dalam kuliah daring.bertanya kepada teman-teman hal yang tidak dimengerti dan informasi terbaru dari kampus. Hindari perasaan malu dalam berdiskusi dengan teman. Sebagai mahasiswa tidak dipakai perasaan malu dalam belajar.

Saya secara pribadi di semester yang baru ini akan memasuki semester delapan. Ada lima mata kuliah dan skripsi yang akan kembali saya pelajari. Selama masa liburan ini saya berusaha belajar dan mencoba untuk memahami materi terkait materi-materi dalam mata kuliah itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun