Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... Freelancer - charlesemanueldm@gmail.com

Verba volant, scripta manent!

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Ironi Garuda Nusantara Usai Tur Eropa: Dicukur Prancis, Pulang Dibubarkan, Lantas Berharap Prestasi di Piala Dunia?

21 November 2022   15:58 Diperbarui: 21 November 2022   16:01 179
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Skuad Timnas U-20 Indonesia dalam laga uji coba di Turki, 13/11/2022 malam WIB lalu: dok PSSI via Kompas.com

 

Ada pertanyaan besar menyambut kepulangan tim nasional sepakbola U-20 Indonesia dari Eropa. Setelah serangkaian kegiatan di sana, apa agenda Garuda Nusantara selanjutnya?

Seperti kita tahu, tim muda Indonesia berada di Benua Biru sejak pertengahan Oktober lalu. Di bawah bimbingan sang pelatih utama, Shin Tae-yong, Marselino Ferdinand dan kawan-kawan menjalani pemusatan latihan dan uji tanding, baik dengan tim lokal maupun dua negara Eropa.

Mula-mula pemusatan latihan di Turki sejak 16 Oktober hingga 13 November, lalu hijrah ke Spanyol hingga kembali ke Tanah Air lebih cepat dari rencana semula.

Sebanyak sembilan uji coba sudah dilahap. Tujuh kali di Turki dan dua kali di Negeri Matador. Bagaimana rapor mereka?  Tiga kemenangan, dua kali seri, dan empat kali kalah.

Hasil tersebut sedikit banyak menggambarkan perkembangan dan kekuatan tim. Tim muda Indonesia relatif mampu bersaing bahkan bisa mengandaskan tim-tim lokal Turki.

Bertemu Cakallikli Spor di uji tanding pertama pada 24 Oktober 2022, Indonesia menang 2-1. Begitu juga saat menghadapi tim U-20 Antalyaspor. Indonesia sukses memetik hasil positif, 3-1.

Kemenangan terakhir diraih saat menghadapi uji coba pertama menghadapi tim U-20 Moldova dengan skor 3-1.

Hasil imbang dipetik saat kembali beradu dengan tim muda Moldova (0-0) pada 4 November dan uji coba berikutnya menghadapi Baerum SK (3-3).

Selebihnya Indonesia harus mengakui keunggulan lawan. Menghadapi tim nasional yang memiliki sejarah dan kedalam skuad yang bagus seperti Turki, Slovakia, hingga Prancis, Indonesia masih harus banyak belajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun