Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... Freelancer - charlesemanueldm@gmail.com

Verba volant, scripta manent!

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Dari Galon Air sampai Kuitansi, 6 Saran Menyikapi BPA yang Ada di Mana-mana

4 Oktober 2022   14:23 Diperbarui: 7 Oktober 2022   09:05 815 13 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi galon air mineral: shutterstock via Kompas.com

Bisphenol-A (BPA) tidak hanya mencemari air minum kemasan galon sebagaimana yang menjadi kekhawatiran warga Jakarta belakangan ini. BPA ternyata ada di mana-mana.

Sebagai bahan kimia buatan manusia yang dipakai untuk membuat plastik polikarbonat dan resin epoksi mengutip Kompas.com (19/9/2022) dari MayoClinic, kehadiranya tidak terbatas pada segmen kehidupan tertentu.

BPA menampakkan wujudnya dalam berbagai produk yang dipakai manusia sehari-hari. Kaleng makanan dan plastik polikarbonat dengan cirinya yang bening dan keras adalah beberapa contoh.

Masih banyak yang perlu disebut. Tutup botol, wadah makanan dan minuman, elektronik, suku cadang mobil, mainan, produk kertas daur ulang, bahkan hingga kuitansi, tiket, dan boarding pass.

Bila kita memperhatikan produk-produk tersebut, maka produk-produk yang mengandung BPA sebenarnya sudah, sedang, dan akan terus menjadi bagian dari kehidupan setiap orang. Nyaris tak seorang pun bisa menghindarinya. Dialami manusia dari generasi ke generasi.

Kalau demikian, apa yang harus dilakukan? Apakah kita perlu menggelar aksi protes dan mogok bersama? Rasanya mustahil. Apakah kita bisa hidup tanpa produk-produk itu? Tentu tidak.

Mengapa berbahaya?

Ini pertanyaan penting. Tak mungkin kita menghindari tanpa mengetahui alasannya. Begitu juga penting untuk sedikit memahami mengapa BPA berbahaya berikut dampak buruk yang bakal ditimbulkannya.

Menukil www.treehugger.com (5/8/2022), berikut sedikit penjelasan medis. BPA dikenal sebagai pengganggu endokrin karena bisa meniru struktur dan fungsi hormon estrogen yang jelas berdampak pada fungsi semua sistem tubuh. 

Bahan kimia ini bisa mempengaruhi aktivitas hormonal dalam tubuh, maka berisiko pada banyak masalah kesehatan pada manusia. Kegemukan, diabetes, kerusakan sistem kekebalan tubuh, alergi, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, ketidaksuburan pada pria dan wanita, keguguran, berpengaruh pada bayi dalam rahim, kanker payudara, dan sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan