Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... Freelancer - charlesemanueldm@gmail.com

Verba volant, scripta manent!

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Rapor Negara ASEAN di FIFA Matchday, Efek Shin Tae-yong Mendongkrak Ranking Indonesia, dan Syarat Dekati Malaysia

28 September 2022   21:01 Diperbarui: 28 September 2022   21:09 239 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Selebrasi pemain Indonesia usai membobol gawang Curacao pada pertemuan kedua, Selasa (27/9/2022) malam WIB: kristianto purnomo/kompas.com

Shin Tae-yong (STY) baru saja memberi tim nasional Indonesia 14,71 poin. Hasil tersebut didapat dari dua kemenangan di FIFA Matchday sepanjang bulan September 2022.

Menariknya, dua kemenangan itu dipetik dari tim yang sama yakni Curacao. Tim dari negara mungil di Karibia itu memiliki ranking FIFA yang jauh lebih mentereng. Namun, pemilik ranking 84 FIFA itu harus bertekuk lutut secara beruntun, 2-3 dan 1-2.

Kemenangan dalam rentang tak lebih dari tiga hari di Stadion GBLA, Bandung dan Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, memberi pengaruh signifikan bagi ranking FIFA Indonesia.

Tambahan hampir 15 poin itu lebih dari cukup mendongrak posisi skuad Garuda. Sebelum menghadapi Curacao, Indonesia berada di posisi 155. Berkat dua kemenangan itu, ranking tim Merah Putih kini berada di posisi 152.

Kenaikan tiga peringkat sungguh patut disyukuri. Didapat dengan perjuangan melelahkan yang sangat menguras fisik dan emosi para pemain Indonesia. Diraih berkat keberanian dan kejeniusan STY dalam meramu formasi.

Setuju atau tidak, STY sudah memberikan pengaruh positif bagi permainan timnas Indonesia. Pria Korea Selatan itu mampu mendongrak level permainan tim kesayangan kita. Peningkatan itu pun berbanding lurus dengan hasil akhir.

Saat ditunjuk menangani timnas pada DEsember 2019 dan mulai memimpin pertandingan resmi pada Juni 2021, Indonesia masih berjuang dari urutan 173 dunia.

Kenaikan tiga strip kali ini mengantar Indonesia ke posisi terbaik dalam satu dekade terakhir. Bila kita merunut ke belakang, saat menutup tahun 2012, Indonesia bercokol di posisi 156.

Positif seperti Vietnam

Hasil yang diraih Indonesia pada uji coba resmi kali ini lebih positif dibanding negara-negara top ASEAN yang tergabung dalam ASEAN Football Federation (AFF) seperti Thailand dan Malaysia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan