Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... Freelancer - charlesemanueldm@gmail.com

Verba volant, scripta manent!

Selanjutnya

Tutup

Financial Artikel Utama

4 Siasat Kaum Milenial Hadapi Suku Bunga Tabungan 0 Persen

20 September 2022   09:33 Diperbarui: 21 September 2022   12:57 884 14 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi bank digital| Dok Shutterstock via Kompas.com

Patut diakui, menabung di bank adalah salah satu, meski bukan satu-satunya, pilihan terbaik. Membuka rekening tabungan didasari oleh banyak alasan positif.

Dana yang disimpan tidak mengendap begitu saja. Ada jaminan bunga dari waktu ke waktu. Uang yang disimpan di bank akan berkembang, walau tidak signifikan, menyesuaikan dengan suku bunga dan besarnya simpanan.

Dibandingkan menyimpan uang di brankas rumah yang tak akan bertambah nilainya, kecuali ditambah dengan sendirinya, potensi rusak atau hilang terbuka. Sementara di bank, keamanan lebih terjamin.

Suku bunga itu pun tidak statis. Bisa meningkat tergantung kinerja pasar dan pertimbangan bersangkutan. Nasabah pun akan merasakan pengaruhnya.

Selain itu, proses pembukaan rekening kian mudah dengan dukungan kemajuan teknologi. Hanya perlu melengkapi berkas, proses bisa tuntas dalam hitungan menit. Sebaliknya, untuk menabung dan menariknya pun tidak rumit. Dari genggaman tangan, berbagai proses bisa diselesaikan.

Masih banyak lagi alasan yang membuat menabung di bank menjadi primadona.

Namun, bagaimana bila salah satu daya tarik, walau bukan satu-satunya, itu sirna. Suku bunga menukik tajam, bahkan sampai menginjak angka 0 persen? Apakah menyimpan dana di bank masih menjadi pilihan terbaik?

Kompas.com (12/9/2022) memberi contoh sejumlah bank yang mematok suku bunga tabungan sangat rendah. Bank Danamon misalnya, memberlakukan suku bunga 0 persen untuk Tabungan FlexiMAX dengan saldo di bawah Rp 50 juta dan bunga 0,50 persen untuk saldo Rp 50 juta hingga Rp 500 juta.

Skema yang sama berlaku untuk Tabungan Danamon Lebih. Pemilik tabungan di bawah Rp 500.000 diganjar bunga 0 persen, bunga 0,10 persen untuk tabungan sebesar Rp 500.00 sampai kurang dari Rp 50 juta. Suku bunga sedikit lebih tinggi, 0,25 persen berlaku bagi tabungan di atas Rp 1 miliar.

Bank-bank lain seperti Mandiri dan BCA pun menerapkan suku bunga yang hampir serupa. Tidak ada satu dari bank-bank itu yang memberikan bunga bagi tabungan tertentu di bawah 1 juta bahkan 50 juta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan